Rhoma Irama, Sang Raja Dangdut dan Sederet Kontroversinya
Ilustrasi Rhoma Irama @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Hari ini 72 tahun lalu, atau tepatnya 11 Desember 1946 pedangdut legendaris Indonesia, Rhoma Irama terlahir. Penyanyi berjulukan Raja Dangdut ini lahir di Tasikmalaya dengan tiga saudara kandung.

Rhoma sendiri memulai karier bernyanyinya pada tahun 1963 dengan mendirikan sebuah band musik bernama band Gayhand. Meski kini begitu tersohor, pada masa awal karirnya tersebut, Rhoma juga mengalami masa jatuh bangun.

Selain itu, Ayah dari pedangdut muda Ridho Rhoma ini juga tak lepas dari yang namanya skandal. Rhoma beberapa kali terlibat skandal, dari politik hingga kisah asmara. Nah, mengutip dari Merdeka.com pada Selasa (11/12/2018), berikut ini beberapa skandal yang pernah dialami oleh Raja Dangdut ini.

Perseteruan dengan Inul Daratista
Rhoma Irama, Sang Raja Dandut dan Sederet Kontroversinya
Inul Daratista dan Rhoma Irama (Tribunnews)

Di awal kemunculannya sebagai penyanyi dangdut, Inul sangat terkenal dengan ‘goyang ngebor’ yang seksi dan berbeda dengan dangdut yang sudah ada sebelumnya. Namun goyangan ini dinilai Rhoma terlalu sensual dan membangkitkan gairah. Oleh sebab itu Rhoma dengan tegas menentang aksi panggung Inul. Akibat beberapa pernyataannya yang kontroversial, Rhoma berakhir dikecam oleh wrganet saat itu. Mereka justru menunjukkan dukungan yang begitu banyak pada Inul. Konon setelah 15 tahun berlalu, perseteruan itu masih membara hingga kini.

Ceramah Kontroversial
Rhoma Irama, Sang Raja Dandut dan Sederet Kontroversinya
Rhoma Irama (Merdeka)

Tak hanya perseteruan dengan artis cantik Inul daratista, Rhoma juga pernah terjerat isu sara saat menjadi salah satu artis pendukung Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) pada masa pilkada DKI 2012 silam. Ia menyarankan pada para jamah untuk tidak memilih pemimpin yang tidak berakidah. Akibatnya, Rhoma diperiksa oleh Panwaslu DKI Jakarta karena diduga melakukan kampanye terselubung.

Skandal Percintaan
Rhoma Irama, Sang Raja Dandut dan Sederet Kontroversinya
Angel Lelga dan Rhoma Irama (Selebupdate)

Inul Daratista bukanlah satu-satunya artis yang terlibat dengan Rhoma Irama. Pada tahun 2003 yang lalu, nama Rhoma Irama menjadi sangat terkenal lantaran skandal asmaranya dengan Angel Lelga yang mencuat ke permukaan. Angel secara terbuka mengaku telah menikah dengan sang Raja Dangdut. Namun sayangnya, setelah skandal nikah siri mereka tercium, Rama memutuskan untuk menceraikan Angel. Tak hanya Angel, Rhoma ternyata juga melakukan nikah siri dengan beberapa perempuan muda lainnya. Sebut saja seperti Marwah Ali dan Gita Andini Saputri.

Jadi Calon Presiden
Rhoma Irama, Sang Raja Dandut dan Sederet Kontroversinya
Rhoma Irama (Tempo)

Pada tahun 2012 silam nama Rhoma Irama menjadi perbincangan lantaran beberapa pemuka agama mengusungnya sebagai calon presiden di masa pemilihan presiden tahun 2014. Ia secara pribadi juga telah menyanggupi wacana pencapresan tersebut. Namun beberapa politikus justru mencibir rencana pencalonan sang raja dangdut ini. Rhoma pun tak jadi mencalonkan diri pada pilpres yang dimenangkan oleh Presiden Joko Widodo itu.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.