Ups, Acara Reality Show Tapi Nggak Real? Ada Lho!
Karma, salah satu acara TV yang dinilai settingan @Geegle Hayo

MALANGTODAY.NET – Acara reality show menjadi acara yang paling diminati pemirsa televisi dewasa ini. Dengan tajuk reality, pihak TV mengklaim bahwa acara yang mereka usung murni fakta dan tak ada hal lain yang mengada-ngada. Namun benarkah acara reality show benar-benar real seperti judul acaranya?

Meski banyak bukti yang beredar bahwa beberapa acara reality show ternyata settingan semata, namun acara ini terbukti memberi keuntungan besar buat pihak TV. Hal ini disampaikan langsung oleh peneliti program TV, Yovantra Arief dari Remotivi.

Baca Juga: Kahiyang Ayu Unggah Foto dengan Rambut Kriwil, Begini Komentar Netizen

“Konsep reality show menarik karena biaya produksinya murah, bisa stripping, dan jika belajar dari pengalaman Amerika Serikat, ini menguntungkan. Jadi tayangan semacam ini ideal … murah dan menguntungkan,” tuturnya dilansir dari Tirto.

Lalu, apa saja program acara reality show yang settingan itu? Dilansir dari Channel Terbaik di YouTube, berikut ulasannya.

Suka-suka Uya
Suka-suka Uya
Suka-suka Uya @Dailymotion

Program satu ini dipandu oleh presenter kondang Uya Kuya. Dalam program acara ini, ia akan mengundang bintang tamu yang nantinya akan dihipnotis olehnya. Setelah dihipnotis, para bintang tamu ini nantinya akan ditanya seputar gosip dan permasalahan hidupnya. Suka-suka Uya diketahui rekayasa saat Uya mengundang eks bassist Gugun Blues Shelter, Jono. Jono beberapa kali gagal dihipnotis dan saat dihipnotis ia kerap terlihat tertawa geli.

Baca Juga: Heboh Lomba Lari Dikejar Sumanto, Berani Ikutan Gak?

Rumah Uya
Rumah Uya
Rumah Uya @Trans7

Masih acara yang dipandu Uya Kuya, kali ini dalam program bertajuk Rumah Uya. Konsep acara ini memperlihatkannya sebagai tuan rumah akan memecahkan segala permasalahan, baik asmara hingga keluarga. Acara ini kemudian terbukti rekayasa setelah dalam satu adegan, seseorang yang menjadi target malah ketahuan menjatuhkan clip on. Tak hanya itu, seorang pengadu yang datang ke Rumah Uya sempat ditegur oleh kru TV karena tidak melakukan arahan yang diberikan.

Katakan Putus
Katakan Putus
Katakan Putus @Inhilklik

Yap, acara ini menyediakan jasa memutuskan pacar yang telah dicurigai sebelumnya. Dipandu oleh Komo, program ini sering terlihat meyakinkan dengan berbagai pertikaian epik antara target dengan pihak Katakan Putus. Banyak sekali info dan rekaman amatir yang menunjukkan bahwa acara ini hanya rekayasa dan akting semata.

Baca Juga  5 Acara Musik yang Wajib Ada Lagi di TV Indonesia, Kami Rindu!

Baca Juga: Awas, Keseringan Ngupil Bisa Bikin Radang Otak!

Karma
Karma
Karma @Viva

Acara misteri yang dipandu oleh Roy Kiyoshi ini mengeksploitasi dengan baik kemampuan indigo yang dimiliki oleh Roy Kiyoshi. Acara ini diketahui settingan belaka setelah ada netizen dengan nama akun Ladylicious ini mengungkapkan bahwa para peserta di acara Karma mendapatkan bayaran 500 ribu untuk sekali tapping. Selain itu, ada audisi khusus untuk para peserta.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar