Ilustrasi pohon soekarno @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Mungkin tidak sedikit dari warga Indonesia yang mengetahui apa itu ‘Pohon Soekarno’. Meski nama pohon diambil dari nama sang proklamator Indonesia, namun keberadaan pohon ini bikin warga Indonesia terkejut.

Pasalnya, pohon Soekarno ini berada di Negara Arab Saudi.  Pohon ini tumbuh subur di Padang Arafah. Sebenarnya, di Indonesia pohon ini lebih dikenal dengan nama pohon mimbo atau pohon mimba. Pohon mimba ini mempunyai kemampuan bertahan hidup yang begitu luar biasa di tanah tandus yang kering.

Lalu kenapa pohon mimba ini disebut pohon Soekarno Arab Saudi?

Ternyata, Soekarno adalah orang pertama yang memperkenalkan pohon mimba kepada Arab Saudi. Pohon mimba dikenalkan kepada Arab Saudi sewaktu Presiden pertama Indonesia itu menunaikan ibadah haji pada tahun 1955.

Pada saat itu, pria yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda itu bertemu dengan Raja Fahd bin Abdul Azis yang memimpin Arab Saudi kala itu.

Dalam pertemuan tersebut, Soekarno mencetuskan gagasan salah satunya tentang perlunya penghijauan tanah suci agar sejuk dan nyaman. Gagasan Presiden Soerkano ini disambut baik oleh pemerintah Arab.

Dikutip dari infodunia, sebagai bentuk keseriusan ide ini, Indonesia juga mengirimkan tenaga ahli dari kehutanan untuk menghijaukan tanah suci.

Penghijauan di negara yang dikenal Kingdom of Saudi Arabia itu sangat di hargai. Bagi mereka yang memetik rumput atau mematahkan ranting pohon Soekarno, wajib membayar denda dengan memotong seekor kambing

 

 

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here