Damkar Tak Kunjung Datang, Warga Padamkan Kebakaran Dengan Cara Jijik!
Iluistrasi pemadam kebakaran @Huffington Post

MALANGTODAY.NET – Kebakaran merupakan salah satu bencana mematikan. Kejadian ini terjadi karena berbagai sebab. Umumnya terjadi karena kesalahan manusia. Bahaya yang ditibulkan dari kebakaran tak tanggung-tanggung. Selain api yang berbahaya, ternyata asapnya aja bisa menimbulkan permasalahan serius di saluran pernafasan.

Untuk penanganannya, dibentuklah suatu unik pemadam kebakaran. Tugsanya jelas, yaitu untuk memadamkan api dan mencari tahu penyebab kebakaran. Biasanya, unit ini dilengkapi dengan kendaraan truk besar, tangga tinggi, dan selang panjang untuk menghabisi si jago merah.

Baca Juga: Asap Kebakaran Supit Urang Mereda, Kadinkes Himbau Warga Pergi Ke Puskesmas

Ketika terjadi bencana ini, warga akan berupaya sekeras mungkin untuk mengurangi kobaran api sambil menunggu petugas pemadam datang. Biasanya, warga akan menggunakan barang seadanya yang ada di sekitarnya.

Namun pernahkah ZensTODAY membayangkan, jika bencana ini terjadi dan pemadam tak kunjung tiba, namun kamu sebagai warga dituntut untuk berusaha memadamkannya?

Dilansir dari akun Instagram @yafakta, dalam video yang diunggah di Facebook lewat akun Guyonan Angkringan, ada kejadian unik sekaligus menjijikkan terjadi saat kebakaran. Pada video berdurasi 39 detik tersebut, terlihat warga berusaha untuk memadamkan api dan menunggu petugas damkar yang tak kunjung tiba. Namun bukannya truk damkar, justru truk sedot tinja yang tanpa sengaja melintasi TKP.

Entah apa yang ada dalam pikiran warga. Mungkin mereka mempertimbangkan untuk segera menyelamatkan korban yang terperangkap dalam kebakaran. Yak habis piker, mereka segera menggunakan isi tangki dari truks sedot tinja itu.

Baca Juga: Mulyorejo Terkena Polusi Udara Akibat Kebakaran TPA Supit Urang

Netizen Bersabda

Kejadian ini sontak memicu reaksi para warganet yang budiman. Beberapa netizen menanggapi dengan jijik hal tersebut. Namun beberapa ada yang menganggapnya sebagai hal yang wajar mengingat waktu itu tengah dalam situasi terdesak.

“jiji sihh.. Tapi mau gmna lagi :((“ ujar akun @nursidikm

“Poop panggang” @albertus_reda

Api y jg kaga bodoh. Kena Bau ..ya kabur aja dlu.(api itu berkata)@maxbubie

“GW yakin toko di sekitar bakalan sepi sebelum hujan dan banjir datang🤣🤣” @zuniady33

Buat kamu yang penasaran, ini dia cuplikan videonya.

View this post on Instagram

Kebakaran adalah salah satu bencana yang paling mematikan. Tak hanya apinya, asap pekatnya pun bisa berdampak serius terhadap saluran pernapasan. . Untuk itu, kecepatan petugas pemadam untuk padamkan api sangat diperlukan. Biasanya, warga akan mengupayakan menghentikan kobaran api dengan menggunakan barang seadanya terlebih dahulu sambil menunggu petugas datang. . Namun apa yang terjadi ketiak sudah ditunggu lama-lama, tapi mobil pemadam kebakaran tak kunjung datang? Pasti bakalan bikin kalang kabut orang sekitar. Dengan alat seadanya dan air yang terbatas tentu tak cukup untuk memadamkan api yang besar. . Namun belum lama ini viral sebuah video warga yang memadamkan api dari mobil yang terbakar dengan cara yang tak biasa. Pada video berdurasi 39 detik itu terlihat ada mobil terbakar di sebuah perempatan jalan. Namun sayangnya tak ada tanda-tanda dari mobil pemadam kebakaran yang akan datang. Yang ada malah truk sedot tinja yang kebetulan sedang lewat. . Oleh karena khawatir api akan menyebar ke gedung di dekatnya, warga pun langsung bernisiatif untuk menggunakan isi dari tangki truk sedot tinja tersebut untuk memadamkan api. . Hasilnya memang efektif bisa memadamkan api, namun dijamin dampak setelahnya bakalan bikin jijik. Orang-orang sekitar yang menonton aksi ini pun dibuat heboh. . Aksi kepepet warga ini pun viral di Facebook setelah diunggah oleh akun Guyon Angkringan. Video tersebut telah disaksikan lebih dari 36 ribu tayangan. Warganet dibuat ngakak dengan video ini, namun sambil menahan jijik juga tentunya. . "Siap2 pake masker klw gak pada pingsan dah tuh," tulis akun Gyllenhaal Rendy. "Hhhh sue tuh bis padam lngsng dah bau bngt," tulis akun Hedy Einstein Rockid. . "Kok agak mual ya," tulis Inggit Siwa Prawita. #yafakta

A post shared by Fakta Dunia (@yafakta) on


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...