Napak Tilas Neferneferuaten Nefertiti, Sosok Ratu Pesaing Kecantikan Cleopatra
Ilustrasi sosok Neferneferuaten Nefertiti @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Pesona kecantikan Ratu Cleopatra kini menemukan tandingan. Dia adalah Nefertiti, sosok ratu rupawan yang pernah berpengaruh pada masa peradaban Mesir Kuno. 

Nefertiti sendiri adalah ibu dari Raja Tutankhamun yang meninggal pada 1336 SM. Ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki kekuatan untuk menyihir siapa pun yang memandangnya. 

Lewat pesona kecantikannya, bibir merah yang merekah, dengan mata coklat almond, tulang pipinya tinggi dan rahang yang dipahat, lengkap dengan tubuh rampingnya.
 
Nefertiti sendiri merupakan sebuah nama yang mempesona. Nama lengkap Ratu Mesir tersebut adalah Neferneferuaten Nefertiti, yang memiliki arti ‘wanita yang cantik (atau sempurna) telah datang’.

Kekuatan dan pesonanya begitu besar di Mesir, hingga dirinya mendapat julukan Lady Of All Women pada masa abad ke-14 SM.

Ilustrasi sosok Nefertiti @MalangTODAY/Istimewa



Bukan hanya kecantikan Nefertiti saja yang mampu menarik perhatian para ilmuwan, tetapi juga kematiannya yang penuh misteri, hingga keberadaan makam yang tidak diketahui pasti.
 
Salah satu teori mengemukakan bahwa makam Nefertiti berada di ruangan rahasia yang masih satu kompleks dengan makam Raja Tutankhamun.
 
Pada tahun 2015, para peneliti menemukan titik terang terkait petunjuk di mana keberadaan makam Ratu Nefertiti, yang pernah hidup pada periode terkaya kebudayaan Mesir Kuno, yakni sekitar 1370 – 1330 SM. Penelitian tersebut dilakukan di makam Raja Tutankhamun, yang terletak di Lembah Para Raja-raja.
 
Seorang ahli perdaban Mesir Kuno asal Inggris, Nicholas Reeves telah melakukan penelitian dan mengungkap adanya pintu rahasia pada makam Raja Tutankhamun.
 
Hasil penelitian tersebut mendapatkan dukungan dari riset yang dilakukan pakar radar Jepang, Hirokatsu Watanabe, yang mengklaim bahwa dirinya telah mengantungi bukti adanya dua buah ruangan pada makam Raja.
 
“Memang ada, berdasarkan radar, ada sebuah ruangan di belakang dinding, tidak diragukan lagi,”kata  Watanabe, seperti dikutip dari Daily Mail.


Sebelumnya, National Geographic telah melakukan pemindaian radar dan berharap menemukan bukti keberadaan makam yang lebih jelas.
 
Nefertiti adalah kombinasi kekuatan dan keindahan. Representasi dirinya diwujudkan dalam bentuk patung, telah disandingkan dengan patung  Putri Diana, yang diabadikan dalam Museum Mesir di Berlin.

‪Sumber: Daily Mail‬

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here