McDonald’s vs KFC, Mana Resto Fast Food Favoritmu?!
Ilustrasi rivalitas McDonald's (kiri) dan KFC (kanan) @Beautynesia

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri, persaingan antara KFC dan McDonald’s sebagai restoran cepat saji terpopuler di Indonesia tak terbantahkan. Meski belakangan muncul nama-nama lain seperti Burger King, Wendy’s, dan A&W, namun rivalitas keduanya tetap selalu panas. Mungkin bisa disamakan dengan persaingan Indomaret vs Alfamart.

Dibanding pesaingnya itu, KFC datang lebih dulu ke Indonesia.  Tirto.id melaporkan bahwa gerai KFC pertama kali dibuka pada Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta. Sementara itu, McD baru datang tepat hari ini tahun 1991 silam.

Rivalitas keduanya sangat kentara meski masing-masing restoran memiliki produk unggulan berbeda. KFC datang ke Indonesia dengan mengunggulkan produk ayam goreng. Hal itu dinilai sudah biasa bagi masyarakat tanah air yang sudah biasa mengonsumsi ayam.

Hal ini yang terlalu sulit ditandingi oleh McD. Secara global, McD tak pernah mengedepankan ayam goreng sebagai andalannya. Menu andalannya adalah burger yang orang Indonesia sendiri masih asing dengan makanan itu.

Lalu pertanyaannya, mana yang paling disukai?

W&S Market Research pernah melakukan survei mengenai popularitas restoran fast food di tiga negara, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Melalui data tersebut, KFC menjadi yang paling berjaya di tanah air. Hingga tahun 2015, gerai waralaba asal Kentucky, Amerika Serikat (AS) ini memiliki 540 gerai di Indonesia. McD sendiri baru memiliki 168 gerai pada Februari 2016.

Kemudian jika berbicara mengenai top of mind orang Indonesia mengenai restoran fast food yang diketahui, KFC unggul dengan presentase 55 persen disusul McD (27 persen). Sedangkan untuk kategori yang paling sering dikunjungi, KFC kembali menduduki posisi pertama (46 persen) diikuti McD (20,5 persen) dan Hoka-Hoka Bento (10 persen).

Secara penghasilan, data tahun 2015 menunjukkan KFC di Indonesia mencatatkan pemasukan sebesar Rp4,47 triliun. Namun taji restoran yang didirikan Kolonel Sanders itu hanya berlaku di Indonesia saja. Dalam skala internasional, valuansi perusahaannya hanya sebesar 12,3 miliar dollar. Bandingkan dengan McD yang mencatatkakn 88,6 juta dollar.

Jadi, mana restoran fast food favoritmu, Zens?! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.