Ulang Tahun ke-146, Manusia Tertua Asal Sragen Ini Malah Minta Tutup Usia
Mbah Gotho (tribunnews)

MALANGTODAY.NET – Manusia yang diduga tertua di dunia, Sodimedjo atau yang akrab disapa Mbah Gotho,  31 Desember kemarin merayakan ulang tahunya yang ke-146 tahun.

Saat anak cucunya mendoakan Mbah Gotho panjang umur, pria asal Desa Cemeng, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah itu malah ingin lekas meninggal.

“Jangan panjang-panjang atau kepanjangan umurnya, nanti tidak muat,” katanya, berseloroh.

Suryanto yang merupakan cucunya paling bungsu yang menyiapkan kejutan dengan membawakan kue ulang tahun dengan tulisan “Happy B’day Mbah Gotho” dibuat was-was dengan ucapan yang dilontarkan kakeknya.

Menurutnya, Mbah Gotho telah menyiapkan batu nisan, cungkup, serta kayu untuk penutup liang Lahat yang diletakkan di samping rumah.

Persiapan tersebut, lanjut Suryanto, telah disiapkan Mbah Gontho sejak tahun 1993. “Persiapan Mbah Gotho terlalu lama, sejak tahun 1993 sampai sekarang. Awalnya takut dan khawatir itu firasat, tapi lama-lama jadi biasa saja,” kata dia.

Jika benar usia Mbah Gotho 146 maka ia melampui rekor manusia tertua dari Jepang berusia 112 tahun. Pasalnya, Mbah Gotho tidak memiliki akta kelahiran sehingga tahun dia dilahirkan hanya berdasarkan pengakuannya. Dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertera  Sodimedjo lahir di Klaten, Jawa Tengah, 31 Desember 1870.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here