Lima Perbedaan Sumpit China dan Korea, Kamu Sudah Tau?
Panjang sumpit@detikfood

MALANGTODAY.NET– Ada beberapa kesamaan antara Korea dan China. Salah satunya yaitu sumpit. Sejarah menyatakan bahwa penggunan sumpit di China sudah sejak 5000 tahun lalu. Awalnya sumpit China digunakan untuk alat masak tapi kini berkembang menjadi alat makan. Peralihannya menjadi alat makan karena langkanya bahan bakar untuk memasak makanan saat itu. Sehingga, makanan harus disajikan dalam potongan kecil.

Ternyata, di Korea keberadaan sumpit juga sudah berkembang selama itu. Awalnya, sumpit ini populer oleh orang-orang Korea kuno, tapi kemudian disesuaikan dengan orang Korea saat ini. Oleh karena itu, perbedaan antara Sumpit Korea dan China juga memiliki perbedaan. Berikut adalah perbedaannya dilansir dari Pandabambu.

  1. Bahan yang digunakan

Sumpit korea biasanya terbuat dari logam atau stainless steel. Sedangkan sumpit China menggunakan kayu atau bambu. Dari sisi sejarah, Korea lebih banyak memiliki sumber daya logam daripada China. Sedangkan China berlimpah akan hasil kayu atau bambu daripada Korea.

  1. Penggunaan

Beberapa orang berpendapat bahwa sumpit Korea lebih baik karena bisa dipakai berulang kali. Sedangkan sumpit China hanya sekali pakai. Namun, kenyatannya sumpit China lebih banyak digunakan. Sebab, lebih higienis dan mudah untuk membuangnya.

  1. Panjang

Sumpit Korea lebih pendek daripada sumpit China. Jika dibandingkan dengan tiga negara pengguna sumpit di Asia Timur, urutan panjang sumpit dari yang terpanjang yaitu sumpit China-sumpit Korea-sumpit Jepang.

  1. Bentuk

Bentuk sumpit China lebih bulat daripada sumpit Korea. Jika tidak bulat, sumpit China ujungnya berbentuk persegi. Di sisi lain, sumpit Korea memiliki bentuk datar di ujungnya. Hal ini disebabkan oleh bahan yang digunakan.  Sumpit Korea menggunakan bahan logam sehingga sulit ditangani. Membuat ujungnya seperti sendok atau garpu akan lebih mudah.

  1. Permukaan

Sumpit China lebih halus  karena terbuat dari kayu atau bambu. Sehingga permukaannya harus dibuat secara hati-hati agar tidak melukai tangan. Begitu juga dengan sumpit Korea yang memiliki permukaan kasar. Sebab, bahan pembuatannya dari logam yang licin. Maka dari itu, dibuat tekstur kasar supaya mudah dipegang.

Kontributor : Almira Sifak Fauziah Narariya

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here