Salah satu ungkapan meme tuman (IG @tuman_idn)
Salah satu ungkapan meme tuman (IG @tuman_idn)

MALANGTODAY.NET – Setiap kali membuka media sosial, akhir-akhir ini pasti sering bertemu dengan meme “tuman”. Meme ini menggambarkan dua bocah gundul. Salah satu bocah tersebut nampak menampar temannya dan terdapat tulisan tuman.

Bagi orang-orang yang tidak kenal dengan kata “tuman” mungkin terdengar aneh. Kebanyakan, yang mengenal kata tuman adalah orang-orang yang paham dengan bahasa Jawa dan Sunda.

Di Jawa dan Sunda, kata ini merujuk pada kebiasaan buruk dan cenderung ingin dilakukan terus-menerus oleh seseorang. Meme ini kian viral karena menjadi bentuk ungkapan sindiran perilaku buruk orang Indonesia.

Lalu, sebenarnya apa arti kata tuman dalam bahasa Sunda dan Jawa serta Bahasa indonesia sendiri? Ternyata, dalam Kamus Lengkap Jawa-Indonesia, tuman diartikan terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena sudah pernah merasakan enaknya).

Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyatakan tuman berati menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya.

Salah satu contoh penggunaan kata tuman yaitu ketika seseorang melakukan kesalahan dan ketagihan ingin mengulanginya lagi. Maka, ZensTODAY bisa menggunakan kata tuman kepada seseorang tersebut.

Contoh lebih mudahnya, langsung pahami dari beberapa meme kocak ini saja.

(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.