Mengatur waktu sangat dianjurkan agar puasa tidak menganggu kegiatan sehari-hari @formulabisnisindonesia
Mengatur waktu sangat dianjurkan agar puasa tidak menganggu kegiatan sehari-hari @formulabisnisindonesia

MALANGTODAY.NET – Memasuki pertengahan Ramadan, sebagian orang sudah bisa beradaptasi dengan pola kehidupan yang berbeda. Sebagian lagi mungkin masih belum beradaptasi dengan baik.

Jika kamu termasuk dalam golongan yang belum dapat beradaptasi dengan baik, cek dulu apakah kamu melakukan tiga hal ini? Jika iya, kamu sesegera mungkin harus mengakhirinya.

Terus Memikirkan Puasa

Hari Ini, Sebagian Warga Jember-Bondowoso Mulai Berpuasa
ilustrasi puasa @iyakan

Ada kalanya hati dan pikiranmu sebelumnya belum siap menerima pola hidup puasa. Selain itu, ada kalanya waktumu banyak yang kosong. Akibatnya, kamu terus-terusan memikirkan puasa. Stop! Hal ini akan berdampak buruk pada dirimu. Salah satu tandanya adalah kamu sudah mulai bosan.

Tidak Sahur

5 Makanan yang Bisa Kamu Konsumsi Kalau Telat Bangun Sahur
Makan sahur (Istimewa)

Faktor kedua yang bisa membuatmu berat dalam berpuasa adalah karena tidak sahur. Sebagaimana sarapan, sahur adalah waktu yang tepat untuk tubuhmu menerima asupan energi. Jika asupan energi yang diterima tubuh kurang, jangan ngeluh kalau tak semangat berpuasa ya.

Istirahat Tidak Seimbang

5 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur, Siapa Tau Kamu Ketularan
Ilustrasi tidur (Istimewa)

Faktor ketiga yang tidak kalah penting yakni istirahat. Memang, istirahat berupa tidur saat puasa Ramadan mendatangkan pahala. Akan tetapi hal ini bukan menjadi alasan kamu untuk terus-terusan tidur loh. Padahal, kamu bisa memanfaatkan waktu tidur secukupnya saja. Jika lelah, kamu bisa menyalurkannya ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Itu dia tiga hal yang bisa jadi membuatmu merasa berat menjalani puasa. Satu yang perlu diingat, Ramadan hanya datang sekali dalam setahun dan belum tentu kita bisa menemuinya lagi. Jadi, jangan sampai jadi beban ya, nikmati saja. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.