Kapal Titanic Karam @MalangTODAYnet
Kapal Titanic Karam @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Kapal pesiar mewah yang berlayar dari Southampton menuju New York, Titanic dilaporkan menabrak gunung es di Samudra Atlantik Utara pada 14 April 1912 silam. Akibatnya, lambung kapal robek dan kapal yang melakukan perjalanan perdananya ini tenggelam.

Tragedi tenggelamnya kapal ini menjadi perbincangan hangat kala itu. Pasalnya, kapal ini diklaim sebagai kapal yang takkan bisa tenggelam. Namun apalah daya, kapal yang mengangkut sebanyak 2.224 penumpang ini justru menewaskan lebih dari 1.500 penumpangnya.

Meskipun secara fakta di lapangan karamnya Titanic adalah karena menabrak gunung es, ternyata di luar itu beredar banyak spekulasi penyebab tenggelamnya kapal. Salah satunya yakni mengenai salah satu benda yang ada di kargo kapal.

Dalam pelayaran kala itu, Titanic diduga mengangkut The Unlucky Mummy alias mumi pembawa sial. Menurut kabar, mumi tersebut adalah jasad awetan seorang putri Kerajaan Mesir Kuno, Amen-Ra.

Alasan mengapa mumi tersebut ada di dalam kapal yakni karena seorang ahli Mesir Kuno dari Amerika Serikat, Douglas Murray ingin membeli artefak berisi mumi tersebut. Bukti pendukung bahwa mumi pembawa sial ini ada di kapal Titanic adalah melalui pemberitaan media.

“Bungkusan berisi mumi tersebut harus diangkut ke dalam kapal diam-diam, karena bentuknya yang mirip peti mati. Akhirnya kami selamat darinya. Keesokan harinya mumi tersebut akan meninggalkan Inggris dengan menaiki kapal uap Titanic,” begitu kutipan dalam koran kuno Milwaukee Journal pada 10 Mei 1914.

Fakta

Sayangnya, teori ini tidaklah terjadi sesuai aslinya. Adanya mumi pembawa sial ini hanyalah karangan sensasi yang dibuat oleh dua orang pria Inggris. Kedua pria tersebut yakni William Stead dan Douglas Murray. Stead merupakan salah satu penumpang Titanic kala itu.

Keduanya sama-sama berprofesi di bidang pers sebagai jurnalis dan editor. Namun, merekalah yang mengarang dan membangun cerita horor palsu ini. Awalnya, mereka menceritakan hal tersebut kepada teman sesama reporter. Kemudian selama pelayaran, Stead menyebarkan karangan konyol itu kepada para penumpang Titanic.

Alhasil, ada penumpang selamat yang juga menceritakan mengenai mumi tersebut. Kemudian, spekulasi-spekulasi kian menjadi hingga muncul mitos-mitos lain tentang karamnya kapal mewah yang juga difilmkan dengan judul yang sama ini. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.