MALANGTODAY.NET – Aksi diduga pelecehan agama yang dilakukan oleh mantan artis cilik Joshua Suherman, akhirnya mendapat jawaban dari Forum Umat Islam Bersatu (FUIB). Pihaknya memaafkan stand up komedian tersebut, namun mengharapkan proses hukum tetap berlanjut.

Dilansir dari kumparan.com, Ketua Umum FUIB Rahmat Himran, mengatakan bahwa pihaknya sudah memaafkan Joshua. Tapi ia ingin proses hukum tetap berlanjut.

“Kita maafkan bila Joshua meminta maaf. Tapi proses yang dilaporkan di polisi akan jalan terus, karena kita ingin menimbulkan efek jera bagi para pengguna media sosia lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Diduga Lecehkan Islam, Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi

Pihak FUIB mengharapkan, dengan berlanjutnya proses hukum, akan menimbulkan efek jera bagi semua masyarakat yang ingin melakukan pelecehan terhadap agama.

“Sehingga orang-orang lain yang ingin melakukan pelecehan terhadap agama, agar berpikir berkali-kali sebelum melecehkan. Kalau abis minta maaf ditarik lagi (laporan), akan lebih banyak lagi yang melecehkan Islam,” tambah Rahmat.

Joshua Suherman Diduga Hina Islam, FUIB: Kita Maafkan
Ketua FUIB Rahmat Himran @ Kumparan.com/Sarah Yulianti Purnama

Namun, pihaknya masih menunggu niat baik Joshua menyambangi FIUB dan melakukan klarifikasi soal ucapan dalam materi roastingnya tersebut.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Joshua Suherman menyelipkan konten (suku, ras, agama dan antargolongan) SARA dalam materi stand up comedy nya, saat melakukan roasting terhadap mantan personil girlband Cherybelle, Cheryl Juno.

Dalam video yang diunggah oleh Majelis Lucu melalui akun YouTube nya itu, pelantun lagu Diobok-obok tersebut mengatakan bahwa sebagai seorang leader, Cheryl kalah tenar dengan Anissa, mantan personil Cherybelle lainnya, karena masalah agama.

Baca Juga: Berniat Roasting, Joshua Malah Kena Kecaman Netizen

“Dan yang gue bingung adalah Cherly ini, walaupun leader, dia gagal memanfaatkan kepemimpinannya untuk mendulang popularitas untuk dirinya sendiri. Terbukti, zaman dulu semua mata laki-laki tertujunya pada Annisa, Annisa, Annisa. Ya kan, semuanya Annisa? Padahal, skill nyanyi, ya… tipis-tipis, ya kan? Skill nge-dance, tipis-tipis. Cantik relatif, ya kan? Gue mikir, ‘Kenapa Annisa selalu unggul dari Cherly?’ Ah, sekarang gua ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam! Karena di Indonesia ini ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan oleh bakat sebesar apa pun, mayoritas,” ucap pria yang biasanya dipanggil Jojo itu.

Baca Juga  Tanggapi Isu Toa Masjid, Komedian Ini Diancam Mati!

Kasus ini pun menjadi perhatian dan kecaman banyak masyarakat yang menganggap materi tersebut diduga mengandung pelecehan agama. Hingga akhirnya Joshua Suherman dilaporkan ke pihak kepolisian oleh Forum Umat Islam Bersatu.

Tak hanya Joshua Suherman, Ge Pamungkas juga diduga melakukan pelecehan agama saat melakukan stand up comedy dalam sebuah acara promosi film.

Menurut informasi dari kuasa hukum Joshua Suherman dan Ge Pamungkas, Achmad Budi Prayoga, keduanya mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, pada Senin (8/1) malam dan meminta perlindungan terkait ancaman-ancaman yang datang.

Baca Juga: Dituding Hina Islam, Joshua Minta Perlindungan GP Ansor?

“Semalam, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas sekaligus minta bantuan LBH GP Ansor untuk mendampingi terkait ancaman-ancaman persekusi, bahkan upaya hukum yang dilakukan FUIB. Pokoknya, akan saya dampingi dan hadapi,” tuturnya seperti yang dilansir dari kumparan.com, Selasa (9/1).