Jack Ma @hallo indo

MALANGTODAY.NET – Pendiri raksasa e-commerce China Alibaba, Jack Ma melihat perubahan serius di dunia dalam 30 tahun mendatang.

Terutama ketika di masa depan kecerdasan buatan bernama teknologi mampu mengalahkan pengetahuan manusia pada umumnya. Banyak manusia yang bisa akan kehilangan pekerjaan.

“Gelombang baru akan datang, pekerjaan akan diambil alih,” kata Ma seperti yang dilansir dari Detik, Sabtu (24/6).

Ma menuturkan, salah satu yang harus dipelajari ketika dunia dikuasai teknologi adalah data. Manusia yang mampu untuk menganalisa data, sangat dibutuhkan di masa depan.

“Dunia akan menjadi data. Saya pikir ini baru permulaan periode data,” imbuhnya.

Di samping itu, dalam sebuah konferensi yang diadakan di Kang Zhou, ia meramalkan beberapa hal penting akan terjadi 10 tahun dari sekarang berdasarkan kondisi ekonomi China dan dunia saat ini.

Lebih rinci, ia menjelaskan beberapa kebutuhan akan menjadi murah harganya dan mudah dicari.

“Di China nanti, barang yang paling murah akan berubah total 10 tahun kemudian,” ujarnya.

  1. Rumah

Luas tanah di China dengan desain rumah yang super minimalis namun nyaman ini, akan membentuk satu kebiasaan dimana rumah – rumah kecil dapat ditinggali oleh beberapa jumlah manusia. Ini akan berakibat kepada penjualan rumah yang semakin mudah dijangkau, semakin murah, dan hasilnya, rumah akan menjadi barang termurah.

2. Mobil

Sebagai alat transporasi yang sangat diperlukan ini, suatu hari nanti, produksi mobil akan semakin mudah dan semakin terjangkau oleh semua orang. China sendiri berkata mereka telah siap untuk memproduksi 3 juta mobil! Bisa bayangkan 10 tahun kemudian?

3. Uang

Uang, bukan lagi menjadi hal yang sulit dicari. Kalau kita teliti, zaman dulu, uang 1000 rupiah itu bisa digunakan untuk membeli banyak keperluan, namun sekarang? Uang 50 ribu sudah menjadi standart “biasa” di khalayak umum. 10 tahun mendatang, uang, hanya akan menjadi sebuah “alat” saja.

Namun sebaliknya, aka nada kebutuhan lain yang menjadi sangat mahal dan sukar untuk dicari, seperti:

  1. Udara

Berbagai macam pabrik dibangun, asap dari kendaraan bermotor, pembakaran hutan sehingga tidak ada udara yang segar, akan membuat udara di seluruh dunia menjadi kotor dan akan ada bisnis baru yang muncul, jualan udara bersih. Untuk mencari udara bersih tidak lagi seperti sekarang, akan sangat susah untuk kita mencari udara bersih nanti sampai-sampai kita harus membelinya dengan harga yang mahal.

2. Air

Air pun telah menjadi kotor oleh perbuatan manusia sendiri. Sungai telah tercemar, danau yang tidak lagi mengalirkan air bersih, semua itu dikarenakan pabrik – pabrik yang sembarangan membuang limbah – limbah kotor tersebut.

Dulu kita jarang mendengar berita air kotor di suatu negara, namun pada tahun 2013 silam, sebuah berita dimana air minum di kedai 24 jam habis terjual oleh karena negara itu krisis air. Kebayang tahun 2023?

3. Makanan Sehat

Karena ketamakan manusia sendiri membuat para peneliti akhirnya menggunakan berbagai makan bahan kimia membuat makanan yang kita makan menjadi sangat fantastis!

10 tahun kemudian, untuk mendapatkan makanan enak namun bebas dari bahan kimia ini, akan menjadi sangat langka!

4. Biaya Rumah Sakit

10 tahun kemudian, kanker bukan lagi penyakit yang langka yang akan dialami oleh manusia. Hampir setiap keluarga akan menderita kanker karena makanan yang mereka konsumsi.Karena kecenderungan sakit inilah, rumah sakit dan rawat inap, akan menjadi pengeluaran terbesar 10 tahun kemudian.

(zuk)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Tidak bisa di sangsikan lagi karena memang saat itu akan tiba dimana teknologi akan menggilas manusia itu sendiri karena ulah kecerdasannya yg tdk dibarengi Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.