Ini Cara Pemeliharaan Burung Yang Baik ala Rektor UB
Talkshow interaktif dengan tema Manajemen Pemeliharaan dan Breeding Burung di UB. (Samy)

MALANGTODAY.NET – Memelihara burung itu susah-susah gampang, jika perawatannya tepat maka hasil yang baik, namun jika salah dalam perawatan, kerugiaan yang akan diterima.

Begitulah ungkapan Rektor Universitas Brawijaya dalam helatan talkshow interaktif dengan tema Manajemen Pemeliharaan dan Breeding Burung, yang digelar di kampus 2 Universitas Brawijaya, Sabtu (12/8).

Dalam talkshow tersebut, Prof. Mohammad Bisri memaparkan beberapa strategi dalam memelihara burung berdasarkan pengalamannya selama menakar burung sejak menjadi mahasiswa di tahun 1980.

“Kalau dari pengalaman saya selama menakar burung tahun 1980, cara pertama dalam memelihara burung itu kenali karakter hewan,” kata pria yang akrab disapa Prof. Bisri.

Selain mengenali karakter hewan, strategi kedua adalah pakan yang diberikan kepada burung. “Jangan lupa makanan burung itu juga diperhatikan, berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan burung,” ujarnya.

Cara lainnya dalan pemeliharaan burung menurutnya adalah mengenai kebersihan kandang. Dengan selalu menjaga kebersihan kandang, burung peliharaan akan terbebas dari bakteri ataupun parasit lainnya yang dapat menyerang kesehatan burung.

“Selalu semprotkan pembasmi bakteri pada kandang burung, minimal 3 kali dalam seminggu, ini untuk mencegah bakteri atau parasit yang merugikan,” katanya.

Strategi terakhir yang tak kalah penting adalah mengenai lingkungan dimana burung ditempatkan. Dalam talkshow tersebut, ia menganjurkan untuk menempatkan burung pada lingkungan yang tenang.

“Saya pernah pelihara burung parkit, saya tempatkan di tempat ramai gak pernah bertelor, tapi setelah saya pindahkan ke tempat tenang malah bertelor sekarang,” tuturnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here