11 Tahun Inbox Tayang, Ini 3 Tayangan yang Ditegur KPI
Ilustrasi Inbox (Istimewa/MalangTODAY)

MALANGTODAY.NET – Program acara musik sempat membanjiri Indonesia pada era 2000-an. Mulai dari MTV Ampuh yang muncul sejak akhir 90-an hingga Dahsyat yang melejit saat diipandu oleh trio presenter Raffi Ahmad, Olga Syahputra, dan Luna Maya. Namun dari sekian banyak program musik yang ada di televisi, Inbox di SCTV mungkin termasuk salah satu yang dikenang oleh masyarakat Indonesia.

Awal kali tayang pada 3 Desember 2007, Inbox menjelma menjadi salah satu program musik favorit masyarakat Indonesia. Meski demikian, acara musik satu ini beberapa kali menuai kontroversi lewat konten-konten yang dinilai tak layak untuk ditonton. Beberapa kali program ini menuai teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena dinilai melanggar regulasi yang ada.

Baca Juga  Selamat Hari Mencuci Tangan Sedunia, Ini Fakta Unik Tentang Cuci Tangan

Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Pelukan Pakai Seragam Sekolah
Pelukan Pakai Seragam Sekolah
Inbox saat kedatangan tamu dari sinetron High School Love Story @Vidio

Pada 2 Oktober 2015, Inbox ditegur oleh KPI karena menampilkan seorang laki-laki dan perempuan dalam balutan seragam sekolah sedang berpelukan di atas panggung. Keduanya adalah aktor Fero Walandouw dan Agatha Priscilla yang membintangi sinetron High School Love Story. KPI ‘hanya’ memberi teguran karena tidak memperhatikan norma kesopanan.

Pelecehan Perempuan Lansia
Pelecehan Perempuan Lansia
Penonton Inbox SCTV @Blogger Mangga

Inbox mendapatkan peringatan dalam tayangannya pada 7 Januari 2013. Hal ini karena para host kedapatan melecehkan penonton perempuan lansia yang naik ke atas panggung. KPI memberi peringatan karena hal ini termasuk pelanggaran atas perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu.

Baca Juga  Politisi Paling Korup, Tokoh dari Indonesia ini Jadi Juaranya!
Pelecehan Gerakan Pramuka
Pelecehan Gerakan Pramuka
Inbox menampilkan Goyang Jego menggunakan baju Pramuka @Brillio

KPI kembali memberi peringatan kepada Inbox karena diduga melakukan pelecehan kepada gerakan Pramuka. Hal ini akibat tayangan yang menampilkan sekelompok penari mengenakan seragam Pramuka yang dimodifikasi secara tidak pantas. Tayangan ini dinilai tak layak karena merupakan bagian dari perilaku tidak pantas.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.