Sepintas Keren, Gaji Karyawan di Stasiun TV Nasional Biin Kamu Ngelus Dada!
Gaji karyawan TV nasional tak sekeren yang kamu bayangkan, coy! @The East NET TV

MALANGTODAY.NET – Bekerja di stasiun televisi nasional memang selalu terlihat keren. Bagaimana tidak, seragam keren, sering berjumpa dengan artis, terlibat event-event besar, dan masih banyak lagi hal keren yang kamu lihat dari mereka yang bekerja di stasiun televisi.

Pekerjaan keren tentunya identik dengan gaji yang besar. Hal ini tentu wajar mengingat tanggung jawab yang diemban juga besar. Namun jangan salah, jika kita mengetahui kebenaran dari gaji mereka, sebenarnya pendapatan mereka sungguh miris.

Dalam sebuah data yang dihimpun oleh website Qerja.com lewat infografik gaji karyawan dari 8 stasiun tv nasional. Gaji yang dicantumkan dalam situs tersebut cukup membuat warganet mengelus dada mengingat peran kru TV sama berartinya dengan pengisi acara.

Sebagai perbandingan, gaji comedian Sule saja dalam satu episode Ini Talkshow di NET mencapai 30 – 40 juta rupiah. Sedangkan gaji produser hanya seperlimanya.

Penasaran bagaimana gaji per bulan di stasiun TV nasional lainnya? Berikut ulasannya

Metro TV
Metro TV
Logo Metro TV @Metro TV

Stasiun TV yang identik dengan tokoh politik nasional, Surya Paloh, ini memiliki kisaran gaji sekitar 4 juta rupiah. Rinciannya, editor menerima 4 juta rupiah, reporter 4,9 juta rupiah, floor director 4 juta rupiah, graphic designer 4 juta rupiah, dan script writer 4,2 juta rupiah.

SCTV
SCTV
SCTV @Vidio

Salah satu stasiun TV swasta senior di Indonesia mencatatkan gaji yang cukup fantastis dengan isaran 4 – 10 juta rupiah. Rinciannya antara lain produser menerima 10 juta rupiah, creative menerima 4 juta rupiah, asisten produksi menerima 4 juta rupiah, reporter 4 juta rupiah, dan news announcer mencapai 6 juta rupiah.

Trans 7
Trans 7
Logo Trans 7 @Trans 7

Stasiun TV yang dulunya bernama TV7 ini memberikan gaji karyawannya di kisaran 3 – 8 juta rupiah. Catatannya, reporter 4,3 juta rupiah, creative 3,2 juta rupiah, graphic designer 4 juta rupiah, editor 4 juta rupiah, dan produser menerima 8 juta rupiah.

NET TV
NET TV
NET TV @NET TV

Stasiun TV yang mengklaim dirinya sebagai televisi masa kini mencatatkan gaji di rentang 3 – 6 juta rupiah. Pembagiannya adalah creative mendapatkan 3,8 juta rupiah, reporter 3,5 juta rupiah, produser 6 juta rupiah, cameraman 6 juta rupiah, dan asisten produksi dengan 3,9 juta rupiah.

MNC TV
MNC TV
Logo MNC TV @MNC TV

Stasiun televisi milik konglomerat Harry Tanoesudibjo ini memberikan karyawan gaji di kisaran angka 2 – 8 juta rupiah. Rinciannya adalah creative menerima 4 juta rupiah, graphic designer menerima 2,5 juta rupiah, asisten senior produksi terima 4 juta rupiah, teknisi 4 juta rupiah, dan koordinator mencapai 8 juta rupiah.

Trans TV
Trans TV
Logo Trans TV @Trans TV

Stasiun televisi milik Chairul Tanjung kisaran gajinya di antara 2 – 8 juta rupiah. Kisarannya adalah creative 2,9 juta rupiah, editor 3,5 juta rupiah, reporter 5,4 juta rupiah, produser 7,5 juta rupiah, dan cameramen mendapatkan 4,3 juta rupiah.

RCTI
RCTI
Logo RCTI @RCTI

Saudara tua MNC TV ini hanya mencatatkan gaji di kisaran 2 – 4 juta rupiah saja. Rinciannya adalah editor mendapatkan 3,5 juta rupiah, reporter 4 juta rupiah, cameraman 2,5 juta rupiah, staf produksi 4 juta rupiah , dan graphic designer menerima 4 juta rupiah.

ANTV
ANTV
Logo ANTV @ANTV

Stasiun TV milik keluarga Bakrie ini memberi gaji karyawannya di rentang 2 – 8 juta rupiah. Detail yang diterima adalah graphic editor senilai 2,5 juta rupiah, creative 4 juta rupiah, reporter 6 juta rupiah, asisten produksi mencapai 2,5 juta rupiah, dan motion graphic designer mencapai 8 juta rupiah.

Sudah tahu kan? Jadi pertimbangkan dengan baik jika kamu benar-benar ingin bekerja di stasiun TV. Jangan pikir kerennya aja. Semoga bermanfaat!