CL dan Standar Kecantikan Idola Perempuan di Korea
Penampilan terbaru CL eks 2NE1 (kanan). sumber: Istimewa

MALANGTODAY.NET – Mantan leader grup idola 2NE1, CL, menjadi perbincangan karena penampilannya yang berubah drastis. Berdasarkan beberapa foto yang beredar di media, kpop idol yang kabarnya tengah mempersiapkan debut internasionalnya itu, terlihat sangat gemuk. Mengutip dari Viva pada Sabtu, 04 Agustus 2018, foto tersebut diambil ketika CL berada di Bandara Incheon Korea dalam perjalanannya menunju Singapura.

Di Korea sendiri, menjadi seorang idola berarti harus siap untuk dituntut tampil dengan sempurna, baik secara kemampuan maupun secara fisik. Menjadi cantik, bagi wanita korea berarti bertubuh tinggi dan kurus.

Baca Juga: Sebelum Kena Bully, Ini 8 Postingan Young Lex Tentang Lisa Blackpink

Mengutip Tirto.id, Sabtu 4 Agustus 2018, Kim Stella, seorang mantan trainee SM Entertainment, mengaku mengalami masa pelatihan yang sulit sebelum memutuskan keluar dari salah satu agensi terbesar di Korea Selatan itu. Setiap minggu para trainee akan melewati evaluasi yang mengharuskan mereka difoto dari berbagai angle. Pihak agensi kemudian akan meminta trainee yang dianggap gemuk untuk berbaris dan menyebutkan berat badan mereka di depan trainee lainnya. Akibat tekanan selama masa pelatihan tersebut, Stella menderita bulimia dan krisis kepercayaan diri selama bertahun-tahun.

Tekanan ini tak hanya datang dari pihak agensi, penggemar pun menuntut idolanya untuk selalu tampil menawan. Melansir Brilio.net, hari ini (4/8), beberapa idol K-pop sempat dirundung dan dihujani komentar jahat oleh netizen lantaran tubuh mereka yang dinilai terlalu gemuk dan tidak ideal. Sebut saja Wendy dan Joy. Dua anggota girl group Red Velvet ini sempat mengalami bullying lantaran berat badan mereka yang dinilai tidak proporsional.

Baca Juga: Malang Dingin? Ini 5 Resep Minuman Hangat yang Berkhasiat

Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal dengan nama IU ini juga pernah mengalami bullying di awal karirnya. Padahal penyanyi yang bernaung di bawah Loen Entertatainment ini memulai karirnya di umur yang baru 15 tahun. Bayangkan saja, anak umur 15 tahun harus menerima komentar-komentar jahat dari banyak orang hanya karena berat badannya. Akibatnya, IU sempat mengalami Anorexia. Dalam acara Healing Camp yang ditayangkan 14 juli 2014 lalu IU bercerita tentang gangguan makannya tersebut. Beruntung, ia berhasil mengatasinya dengan melakukan treatment secara rutin.

Bulimia (bulimia nervosa) dan anoreksia (anorexia nervosa) merupakan sebuah gangguan makan yang paling sering ditemukan di seluruh dunia. Bulimia merupakan sebuah sindrom gangguan makan yang ditandai dengan kecenderungan untuk makan dalam jumlah banyak dan diikuti dengan keinginan kuat untuk memuntahkannya dan memiliki kekhawatiran berlebih pada berat badan serta bentuk tubuh. Sedangkan anoreksia ditandai dengan penurunan berat badan yang disengaja yang dimulai atau dipertahankan oleh si pelaku.

Berdasarkan jurnal berjudul ‘Gangguan Makan Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa Pada Remaja’ yang ditulis oleh Krinani dkk., kedua gangguan makan tersebut bisa disebabkan oleh faktor sosio-kultural, yaitu tekanan yang berlebihan terhadap wanita muda untuk standar kurus yang tak realistis. Jika dikaitkan dengan para idol Korea, tak hanya IU dan Stella, ada beberapa idol lainnya yang mengalami gangguan makan tersebut, sebut saja Sojung ‘Ladies Code’ dan JinE ‘Oh My Girl’.

Baca Juga: Yuk Kenalan Sama Lisa Blackpink yang Bikin Cowok Klepek-klepek!

Lantas bagaimana dengan kasusu CL ini? Nampaknya CL tak terpengaruh dengan standar itu. Berdasarkan penelusuran MalangTODAY di berbagai media, tidak ada pemberitaan tentang komentar negatif netizen atas perubahan yang dialami oleh CL, yang ada justru kekhawatiran para penggemarnya terkait hubungan CL dengan YG Entertainment, agensi yang menaungi penyanyi bernama asli Lee Chae-rin ini. Ia juga terlihat nyaman dan santai dengan penampilannya kini.

CL memang terkenal sebagai salah satu idola wanita yang mendobrak citra girly. Ia berani tampil berani dengan image wanita kuat dan tangguh. Selain CL, idola perempuan lain yang tak begitu memusingkan berat badan dan bentuk tubuhnnya adalah Ailee. Penyanyi Solo bersuara indah ini juga dikenal dengan tubuhnya yang subur.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani