Hari Buku Sedunia @MalangTODAYnet
Hari Buku Sedunia @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Kamu suka membaca buku? Tak asing dong dengan tempat bernama perpustakaan? Nah, tepat di Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April, Zens wajib tahu perpustakaan-perpustakaan kece dan unik yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Ingin tahu di mana saja? Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, pada Senin (22/4/2019).

Perpustakaan Microlibrary dari Kotak Es Krim

Khususnya warga Bandung, sudah tahu belum perpustakaan yang desain bagunannya terbuat dari sampah kotak es krim? Bagi yang belum, coba nih berkunjung ke perpustakaan yang ada di Jalan Bima Nomor 100 B Bandung ini.

Perpustakaan ini terbuat dari 2.000 bekas kotak es krim. Kotak bekas es krim itu disusun di bagian dinding dan membentuk kode binari dengan kalimat ‘buku adalah jendela dunia’ yang bisa dibaca dari kejahuan.

Perpustakaan yang memiliki luas 160 meter ini memiliki dua ruangan yang nyaman. Ruang perpustakaan berada di lantai atas, sedangkan ruang pertemuan berada di bagian bawah (kolong).

Bagian kolong perpustakaan memang dibiarkan terbuka. Sengaja dibuat demikian, sebab digunakan untuk ruang serba guna, salah satunya untuk latihan tari modern.

Perpustakaan Microlibrary di Bandung. Bagian dinding perpustakaan ini terbuat dari kotak bekas es krim @nasional tempo
Perpustakaan Hutan di PDTS Kebun Binatang Surabaya

Tampaknya Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya ingin memberikan nuansa membaca buku yang berbeda. Sebab, perpustakaan yang dibangun cukup unik. PDTS Kebun Binatang Surabaya mengusung konsep hutan untuk membuat pembaca perpustakaannya nyaman dan berasa di hutan.

Tidak hanya ruangan yang dipenuhi dengan beragam tumbuhan dan replikas satwa, pada rak buku juga dimodel dengan bentuk hewan. Para pembaca garis keras bisa menikmati beragam genre buku dengan jumlah sekitar 1.500 buku. Tidak hanya buku tentang fauna dan flora, juga terdapat beragam koleksi buku pengetahuan umum. Unik, bukan?

Perpustakaan Hutan di PDTS Kebun Binatang Surabaya @brilio
Perpustakaan Kontainer Amin, Batu

Kota Batu memang terkenal dengan beragam wisata yang memikat. Namun, siapa sangka dibalik menjamurnya wisata di kota ini, ada perpustakaan unik yang terbuat dari kontainer bekas.

Pengunjung perpustakaan ini bisa menikmati beragam koleksi pustaka. Ada sekitar 6.000 koleksi pustaka yang bisa dinikmati sambil bersantai di dalam sebuah kontainer. Tempat yang nyaman dan koleksi yang banyak bisa memuaskan Zens untuk menghabiskan waktu di sini.

Zens bisa loh berkunjung ke perpustakaan Amin ini dengan gratis. Lokasinya pun strategis, yakni berada di depan pintu masuk wisata Jatim Park 1.

Perpustakaan Amin di Batu @jediberita
Perahu Pustaka di Sulawesi

Kecintaannya terhadap buku, membuat Muhammad Ridwan Alimuddin mendedikasikan diri untuk merawat kecerdasan anak-anak desa di Sulawesi Barat.

Uniknya, Alimuddin tidak membuat gedung, melainkan menggunakan perahu untuk memberikan asupan bacaan ke kawasan-kawasan terpencil.

Sejak 2015, Alimuddin telah melakukan perjalanan silang-menyilang antara Sulawesi Selatan, Tengah, dan Barat dengan membawa kotak-kotak berisi buku dan komik. Jumlahnya tidak sedikit, ada sekitar 4.000 eksemplar yang dibawa untuk dibaca anak-anak.

Kesruan anak-anak pesisir menikmati buku di Perahu Pustaka @aktual
Kereta Api Pustaka di Ambarawa

Kalau Zens sedang berkunjung ke Museum KAI Ambarawa, coba deh kunjung ke Kereta Pustaka. Kereta pustaka ini merupakan modifikasi dari gerbong kereta barang.

Ada beragam koleksi buku di sini, di antaranya tentu buku perkeretaapian, juga terdapat buku pengetahuan umum. Selain itu, ada pula koleksi foto-foto sejarah hasil dari berbagai sumbangan. Jadi, tidak hanya bisa membaca buku, tapi juga belajar sejarah kereta api di Indonesia.

Kereta Pustaka yang ada di Museum KAI Ambarawa @5members

Itu dia sejumlah perpustakaan yang kece dan unik. Momen Hari Buku Sendunia ini, yuk kita tingkatkan membaca suapay pengetahuan kita semakin luas. Kalau Zens sendiri tertarik, nggak, baca buku di perpustakaan? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.