Hari Kartini @MalangTODAY.net
Hari Kartini @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Sampai saat ini, Hari Kartini masih menjadi hari yang istimewa bagi sebagian besar wanita Indonesia. Pasalnya, R.A Kartini merupakan sosok pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Keberanian wanita yang lahir pada 21 April 1879 ini sangat diapresiasi. Keberaniannya tersebut berhasil membawa wanita Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya.

Untuk memeringati Hari Kartini, ada beberapa kegiatan khas yang rutin diadakan. Berikut adalah lima kegiatan khas peringatan Hari Kartini dilansir dari Tribunnews.com (21/4/2018).

Pakai Kebaya

Kebaya merupakan salah satu pakaian adat untuk wanita Indonesia. Kegiatan memakai kebaya ini diidentikkan dengan sosok Kartini yang merupakan wanita Jawa. Selain itu, potret-potret Kartini yang tersebar di juga mengenakan kebaya.

Pakai Kostum Profesi

Kostum profesi juga memiliki makna bagi emansipasi wanita. Dulu, wanita hanya identik dengan  profesi memasak di rumah saja. Namun kini, beragam profesi sudah bisa dilakukan oleh wanita. Misalnya saja sopir angkutan umum seperti Busway di Jakarta, polisi wanita, dan masih banyak profesi lainnya lagi.

Fashion Show

Fashion show juga merupakan salah satu bentuk peringatan emansipasi wanita. Salah satu variasinya yaitu mengadakan fashion show dengan konsep kontes kecantikan. Peserta tidak hanya sekadar berlenggak-lenggok di catwalk tetapi juga diuji wawasan pengetahuannya.

Pawai

Agar semakin meriah, perayaan Kartini juga identik dengan pawai. Umumnya, pawai ini dilakukan oleh para murid jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar. Saat pawai, mereka biasanya mengenakan kostum pakaian adat ataupun kostum profesi.

Lomba Unik

Semakin kesini, ide-ide kreatif untuk memeringati hari Kartini kian bermunculan. Beberapa diantaranya yakni berselancar dengan mengenakan kebaya, lomba tenis memakai kebaya, dan ada juga yang upacara berbahasa Jawa. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.