5 ‘Lubang’ Terbesar di Bumi, Nomor 1 Paling Bikin Adem Panas!
Lubang terbesar di Bumi @ESA

MALANGTODAY.NET – Jika bicara seputar lubang, di Bumi terdapat banyak lubang-lubang yang merupakan terbentuk dengan berbagai proses. Baik proses alami, maupun tindakan manusia. Keberadaan lubang-lubang ini menjadi fenomena tersendiri yang menunjukkan masih banyak misteri-misteri yang ada di Bumi.

Dihimpun dari berbagai referensi, berikut ini adalah lubang-lubang terbesar yang ada di dunia. Seberapa besar lubang tersebut? Ini dia ulasannya!

Baca Juga: 5 Penyanyi Dangdut Dengan Bayaran Manggung Termahal, Apakah Via Vallen? Ternyata Bukan!

Fire Hole, Uzbekistan
Sakti Abis! 5 Tokoh Legendaris Nusantara Ini Hilang Tanpa Jejak
Fire Hole di Uzbekistan @YouTube

Lubang ini juga dikenal dengan sebutan Gerbang Neraka. Terletak di Uzbekistan, lubang ini pertama kali ditemukan pada tahun 1975. Terbaru, diameter Fire Hole mencapai 580 meter dengan kedalaman 30 meter. Di dasar lubang ini, terdapat kobaran api yang sangat besar.

Kimberley Big Hole, Afrika Selatan
Kimberley Big Hole, Afrika Selatan
Kimberley Big Hole di Afrika Selatan @Thuru Lodge

Sejatinya, lubang ini adalah bekas galian tambang di Afrika Selatan dengan kedalaman lebih dari 1 kilometer. Sebelumnya, lubang ini menghasilkan 3 ton belrian per tahun sebelum akhirnya ditutup pada 1914 karena terlalu banyak korban jiwa.

Baca Juga: 5 Aktor Sukses Perankan Tokoh Dunia di Film, No. 5 Asli Indonesia!

Glory Hole, Amerika Serikat (AS)
Glory Hole, Amerika Serikat (AS)
Glory Hole di AS @I Like to Waste My Time

Glory Hole berada di Bendungan Monticello, California, AS. Lubang ini sengaja dibangun dengan tujuan untuk mengurangi debit air bendungan jika telah mencapai batas maksimal. Tak diketahui kedalamannya, namun ukuran tersebut diperkirakan mampu menampung 14.000 kubik air setiap detik.

Bingham Canyon Mine, AS
Bingham Canyon Mine, AS
Bingham Canyon Mine @Deseret News

Lubang ini dibuat untuk pertambangan yang telah dimulai sejak tahun 1863 dan masih terus berlangsung hingga kini. Terletak di Utah, AS, lebarnya mencapai 2,5 mil dengan kedalaman mencapai 0,75 mil. Kedalaman ini akan terus bertambah setiap jamnya.

Baca Juga: Sakti Abis! 5 Tokoh Legendaris Nusantara Ini Hilang Tanpa Jejak

Great Blue Hole, Belize
Great Blue Hole, Belize
Great Blue Hole @Laru Beya

Lubang ini terbentuk akibat fenomena geografis. Blue Hole terletak di Belize dan diklaim sebagai lubang laut paling besar di dunia. Blue Hole memiliki diamter 0,25 mil dengan kedalaman mencapai 145 meter.

Baca Juga  Kecil-kecil Jadi Pengabdi Setan, Dua Anak SMP Ditangkap Polisi

Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...