Hari Angkutan Nasional @MalangTODAYnet
Hari Angkutan Nasional @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Setiap tanggal 24 April diperingati sebagai Hari Angkutan Nasional. Tahukah kamu angkutan-angkutan yang pernah berada di Indonesia, tetapi keberadannya kini mulai dilupakan? Yuk simak langsung 5 angkutan di Indonesia yang mulai dilupakan yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Delman

Delman @Media Indonesia
Delman @Media Indonesia

“Pada hari Minggu ku turut ayah ke kota

Naik delman istimewa ku duduk di muka”

Masih ingat penggalan lirik lagu anak-anak tersebut? Betul, lagu Naik Delman ini mengingatkan kita akan alat trasnportasi delman. Dulu, alat transportasi yang sudah ada sejak zaman Belanda ini sering digunakan sebagai alat trasnportasi jarak pendek. Sekarang, keberadaan delman mulai tergusur dengan alat transportasi berbasis mesin. Meski demikian, delman masih sering dijumpai di beberapa lokasi wisata.

2. Pedati

Pedati @Deskgram
Pedati @Deskgram

Alat transportasi tradisional berikutnya yakni pedati. Pedati memiliki sebuah tandu atau tempat beratap. Hewan penariknya yaitu dua ekor sapi atau kerbau. Usianya pedati di Indonesia juga cukup lumayan. Dikutip dari elib.unikom.ac.id, pedati sudah ada di Kota Bandung sejak tahun 1800-an.

3. Rakit

Rakit @Gambar Transportasi
Rakit @Gambar Transportasi

Kalau yang poin sebelumnya membahas tentang kendaraan darat, ternyata ada juga loh alat transportasi di perairan. Rakit namanya. Rakit adalah gabungan benda-benda yang dapat mengapung di air seperti bambu, kayu, atau drum.

4. Bajaj

Bajaj @Beritatagar
Bajaj @Beritatagar

Kamu yang pernah ke Jakarta, Banjarmasin, dan Pekanbaru pasti pernah lihat penampakan kendaraan beroda tiga ini kan? Yap, itulah bajaj. Popularitas angkutan ini di Indonesia juga pernah eksis di layar kaca Indonesia lewat serial Bajaj Bajuri di tahun 2002-2007.

5. Becak

5 Profesi yang Kudu Paling Kuat Nahan Sabar Saat Bulan Puasa
Tukang becak (Istimewa)

Meski sudah mulai dilupakan, kendaraan beroda tiga ini masih cukup eksis dibanding empat alat transportasi lainnya. Becak masih sering dijumpai di sekitar pasar tradisional. Selain itu, becak juga mengalami transformasi menjadi bentor atau becak motor.

Nah, itulah lima angkutan yang pernah ada di Indonesia dan kini  mulai dilupakan. Meski sudah beranjak ditinggalkan, mana nih angkutan lawas favoritmu? (BAS/AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.