Minta Tumbal! Ini 4 Terowongan Kereta Api Angker di Indonesia, Satu di Malang!
Terowongan angker di Indonesia @Vebma

MALANGTODAY.NET – Budaya Timur mempercayai adanya kehidupan mistis yang berdampingan dengan kehidupan alam. Tak jarang, beberapa hal dinilai angker dan berhubungan dengan nilai-nilai mistis. Sebut saja makhluk angker, waktu-waktu angker, hingga tempat-tempat angker.

Masyarakat Indonesia sendiri mempercayai adanya mitos berupa tempat angker. Salah satu tempat yang diyakini angker oleh banyak orang adalah terowongan kereta api. Meskipun difungsikan sebagai jalur kereta api, namun terowongan-terowongan ini memiliki cerita mistis yang telah diyakini banyak orang. Bahkan, diyakini beberapa di antaranya meminta tumbal.

Baca Juga: Inilah 5 Tempat Paling Seram Menurut Google, Ada yang Dari Indonesia, Loh!

Penasaran? Ini dia 4 terowongan terangker di Indonesia dikutip dari Mata Kelana.

Terowongan Sasaksaat, Jawa Barat
Terowongan Sasaksaat, Jawa Barat
Terowongan Sasaksaat, Jawa Barat @Youtube

Terowongan ini adalah terowongan terpanjang yang masih beroperasi di Indonesia hingga sekarang. Memiliki panjang 949 meter dan dibangun pada rentang waktu 1902 – 1903 oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Rumornya, pekerja-pekerja Indonesia dipaksa untuk bekerja hingga mati.

Pekerja yang mati dikubur di sekitar lokasi terowongan. Inilah yang menumbuhkan kepercayaan angker di masyarakat setempat. Maka dari itu, setiap tahun warga mempersembahkan sesajen berupa domba yang disembelih dekat terowongan. Tujuannya untuk menolak bala dan menenangkan arwah agar tak mengganggu warga setempat.

Baca Juga: Hororholic? Catat 5 Film Horor Indonesia yang Akan Tayang Bulan Agustus Ini!

Terowongan Eka Bakti Karya, Jawa Timur
Terowongan Eka Bakti Karya, Jawa Timur
Terowongan Eka Bakti Karya, Jawa Timur @Sang Petualang

Selanjutnya adalah terowongan yang terletak di wilayah Pohgajih – Sumberpucung, Kabupaten Malang. Letaknya yang berdekatan dengan Bendungan Karangkates dikenal berhantu dan membuat takut warga sekitar. Tak jarang, terdengar suara-suara aneh dan penampakan.

Menyandang status terowongan terpanjang kedua di Indonesia, nyatanya tempat ini juga sering meminta tumbal. Kerap terjadi beberapa insiden seperti kereta yang menabrak warga yang sengaja bunuh diri atau tak sengaja tersambar kereta di sekitar terowongan. Jika penasaran, tempat ini akan dilewati oleh kereta api perjalanan Malang – Blitar.

Terowongan Lampegan, Jawa Barat
Terowongan Lampegan, Jawa Barat
Terowongan Lampegan, Jawa Barat @Supranatural Tanah Jawa

Terowongan sepanjang 686 meter ini dibangun pada tahun 1879 – 1882 oleh perusahaan kereta api Belanda. Terletak di Lampegan, Jawa Barat, pembangunannya menembus gundukan batu yang konon katanya dihuni oleh makhluk astral penguasa wilayah itu.

Rumornya, terowongan ini pernah menghilangkan satu orang manusia di masa lalu, yaitu Nyi Sadea. Ia mendadak hilang setelah memasukinya dan tak pernah kembali. Cerita ini terus diturunkan kepada generasi selanjutnya sehingga taka da satu pun yang berani memasukinya.

Baca Juga: 5 Tempat Pesugihan Paling Populer di Jawa

Terowongan Ijo, Jawa Tengah
Terowongan Ijo, Jawa Tengah
Terowongan Ijo, Jawa Tengah @Kaliredjo Express

Terowongan yang berada di Daerah Operasi (DAOP) 5 Purwokerto ini dibangun tahun 1885-1886. Relnya dibangun menembus bukit kapur Gunung Malang. Mitosnya, salah satu bantalan rel adalah makam dari salah satu pekerja yang meninggal akibat kecelakaan yang tak bisa dicegah.

Dengan panjang 580 meter, beberapa hal mistis ditemui di tempat ini. Petugas penilik rel kerap bertemu orang-orang tak dikenal yang hilang begitu saja saat disapa. Tak hanya itu, masinis juga sering melihat pocong atau keranda yang terbang begitu saja. Makin angker saat tempat ini dijadikan salah satu jujukan untuk bunuh diri.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar