4 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Spongebob Squarepents 'Thruth or Square' Pertama kaloi tayang (Nanda/MalangTODAY)

MALANGTODAY.NET – Siapa yang tak kenal dengan serial Spongebob Squarepants? Serial kartun ini adalah salah satu serial kartun paling terkenal di seluruh dunia. Pada 6 November 2009 film dari serial ini yang berjudul ‘Truth or Square’ pertama kali ditayangkan Nickelodeon. Film ini merupakan film dan episode musim kelima dari serial ini. Film ini dirilis untuk merayakan ulang tahun seri Spongebob Squarepants yang kesepuluh.

Nah untuk mempeingati penayangan perdana ‘Truth or Square‘ berikut ini MalangTODAY.net sudah merangkum empat teori serial Spongebob yang bakal buat kamu geleng-geleng kepala.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Ini Dampak Buruk Sosial Media Kata Ahmad Basarah

Mempromosikan perilaku gay
5 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Spongebob dan Patric (Kincir)

Beberpa media di Amerika serikat sempat menyebutkan bahwa kartun yang menceritakan tentang kehidupan makhluk laut itu mencontohkan perilaku homoseksual. Hal ini didasarkan pada kebiasaan Spongebob yang selalu bergandengan tangan dengan sahabat bintang lautnya, Patrick Star. Kabar ini tentu dibantah oleh sang animator serial ini. Stephen Hillenburg menyatakan bahwa sang tokoh utama, Spongebob adalah aseksual atau tak memiliki jenis kelamin yang bisa mewakili setiap orang.

Bisa membuat penonton obesitas
5 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Spongebob jadi gendut (Youtube)

Pada tahun 2005, sebuah laporan di Amerika menunjukkan bahwa anak-anak mengalami kenaikan berat badan dan bahkan bisa memicu obesitas. Hal ini kemudian dikaitkan dengan karakter Spongebob yang pada saat itu sering digunakan sebagai model iklan dalam berbagai produk makanan ringan. Sejak saat itu, kongres melarang penggunaan tokoh kartun sebagai sarana promosi produk makanan, terutama makanan yang tak begitu baik untuk kesehatan.

Membuat otak lebih lemot
5 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Patrick di serial spongebob (Youtube)

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics, serial kartun ini membuat anak berusia 4 tahun mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Perpindahan gambar yang cepat dalam satu episode spongebob, membuat anak-anak sulit berkonsentrasi. Menanggapi hal ini, pihak Nickelodeon menyatakan bahwa serial Spongebobo ini memang tidak diperuntukkan bagi anak-anak pra sekolah. Serial kartun yang satu ini memang ditargetkan untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun.

Baca Juga: Tak Selalu Positif, Ini Dampak Buruk Sosial Media Kata Ahmad Basarah

Adanya unsur illuminati
5 Teori Spongebob Squarepants Ini Bikin Geleng-geleng Kepala
Spongebob Illuminati (Loop)

Illuminati memang menjadi sesuatu yang tak pernah habis untuk dibahas. Selalu ada teori-teori yang mengaitkan berbagai hal dengan illuminati atau sekte penyembah setan lainnya. Tak terkecuali serial kartun seperti Spongebobo ini. Illuminati sendiri selalu identik dengan simbol mata satu. Nah, hal ini kemudian dikaitkan dengan salah satu karakter dalam serial tersebut yang bernam Plankton. Mikroba berwarna hijau itu, konon merupakan salah satu bentuk illuminati yang ada di kartun Spongebob. Pasalnya Plankton ini digambarkan hanya memiliki satu mata. selain itu, dalam salah satu episode yang berjudul Cephalopod Lodge, Squidward bergabung dengan sebuah organisasi yang memiliki simbol mata satu.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...