4 Musisi Sangar Indonesia Ini Hijrah, Benarkan Musik Haram?
Berry Manoch, salah satu musisi yang memutuskan hijrah @YouTube

MALANGTODAY.NET – Fenomena musisi yang memutuskan hijrah dan meninggalkan belantika dunia tarik suara belakangan ini menjadi hal baru yang cukup menyita perhatian. Pasalnya, mereka dengan tegas dan berani meninggalkan dunia yang membuat mereka terkenal untuk menyambut kehiudpan akhirat yang lebih baik.

Namun di balik hijrahnya mereka, ada kisah lain yang terselip. Apa benar musik dalam Islam memang haram sebagaimana beberapa dakwah yang mewajibkan untuk meninggalkannya? Daripada penasaran, berikut adalah deretan 4 musisi Indonesia yang memutuskan hijrah.

Baca Juga  Bosan Serius, 4 Artis Sensasional Ini Pantas Jadi Moderator Debat Pilpres 2019!
Ucay ‘Rocket Rockers’
Ucay ‘Rocket Rockers’
Ucay Rocket Rockers @Jurnal Islam

Eks vokalis Rocket Rockers ini diketahui telah meninggalkan band yang membesarkan namanya itu untuk mendalami ilmu agama. Kegundahannya itu dimulai dari seringnya ia mengisi acara di klab malam. Ia juga resah melihat banyak orang yang mabuk-mabukan yang mana hal itu bertentangan dengan ajaran agama. “Saya merasa kegiatan saya ini (main musik) mulai bertabrakan dengan agama saya, yaitu Islam,” kata Ucay dikutip dari Brillio.net.

Berry Manoch ‘Saint Loco’
Berry Manoch ‘Saint Loco’
Berry Manoch @Sabigaju

Rapper band Saint Loco mendapatkan hidayah dengan cara yang cukup luar biasa. Ia yang mengenal narkoba sejak usianya 15 tahun galau luar biasa dan memutuskan untuk menjadi mualaf pada 2015 lalu. Meski hijrah, namun Berry tidak sepenuhnya meninggalkan dunia musik. Ia tak menutup kemungkinan untuk tetap berdakwah di jalur yang ia tekuni, musik.

Sakti ‘Sheila on 7’
Sakti ‘Sheila on 7’
Sakti eks Sheila on 7 @YouTube

Mantan personil band asal Yogyakarta, Sheila on 7, Sakti, memutuskan keluar dari band pada 2006 dan mengganti namanya menjadi Salman Al Jughjawi. Ia bahkan mengubah penampilannya secara total dan beberapa kali menulis album religi. Ia juga menggeluti bisnis distro dan buku online yang ia kelola sendiri. Bahkan, ia membuat label sendiri yang diberi nama Al Jugjawy Records.

Baca Juga  Mengerikan, Ini 5 Anak Paling Jahat nan Sadis di Dunia!
Uki ‘Noah’
Uki ‘Noah’
Uki Noah (kanan) @Tribun Jabar

Baru-baru ini, gitaris band Noah, Uki, diketahui menghadiri salah satu kajian dari seorang dai yang memimpin salah satu pesantren mahasiswa di Jember, Jawa Timur. Sang ustad bahkan memeprsilakan Uki untuk menceritakan pengalamannya menjemput Hidayah di hadapan para mahasiswa. Ia mengaku mendapatkan banyak pencerahan dari mendalami agama Islam.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.