Ceroboh Parah, 3 Kejadian Ini Hampir Datangkan Kiamat Lebih Cepat!
Ilustrasi kiamat akibat kecerobohan manusia @The London Sophy

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri, di balik anugerah sebagai makhluk Tuhan yang memiliki akal budi, manusia juga dikenal sebagai makhluk paling ceroboh di muka bumi ini. Sejarah mencatatkan bahwa beberapa kali para anak-anak Adam ini telah melakukan beberapa hal yang sebenarnya tak perlu namun hampir bisa dikatakan mempercepat kiamat.

Yap, itulah manusia. Kita sendiri terkadang menyadari bahwa tingkah laku kita cenderung mengantarkan pada hal-hal yang sifatnya menghantarkan kehancuran. Redaksi MalangTODAY merangkum dari berbagai sumber tentang 4 kejadian akibat kecerobohan manusia yang bisa saja mempercepat kiamat. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Baca Juga  5 Sekolah Paling Asoy Geboy, Murid Pasti Suka dan Betah Belajar!
Kelaparan di China
Kelaparan di China
Ilustrasi kelaparan di China @Flashbak

Sebelum menjadi negara adidaya seperti sekarang ini, China pernah melalui masa kelam. Pada tahun 1952 – 1962, Negeri Tirai Bambu ini pernah dilanda bencana kelaparan parah yang memakan korban hingga 45 juta orang. Penyebabnya adalah salah sangka masyarakat terhadap burung pipit yang dituduh memakan hasil pertanian mereka.

Alhasil, penduduk China melakukan pemberantasan terhadap burung pipit. Ironisnya, binasanya burung pipit justru membuat serangga pemakan tanaman berkembang subur tanpa pemangsa alami mereka, yakni burung pipit. Kehadiran serangga itu mampu menurunkan hasil panen di sleuruh China mencapai 70 persen!

Baca Juga  Google Punya 'Mainan' yang Bikin Kamu Ketagihan, Cobain Yuk!
Kebakaran Hutan di California
Kebakaran Hutan di California
Ilustrasi kebakaran hutan @The San Diego Union-Tribune

Salah satu wilayah besar di Amerika Serikat (AS), California, pernah menjadoi korban kecerobohan tidak perlu. Pasalnya, terjadi kebakaran hutan terbesar sepanjang sejarah AS pada tahun 2003 lalu. Kebakaran ini bahkan menghabiskan hampir 800.000 hektar hutan. Kebakaran ini juga memakan korban 15 orang dan kerugian jutaan dolar.

Lalu apa penyebabnya? Sederhana! Seorang pemburu tersesat di hutan dan berusaha memanggil bantuan dengan menyalakan api untuk menunjukkan sinyal penyelamatan. Namun sayang seribu sayang, apa yang dilakukannya malah membakar hutan. Pemburu itu hanya diganjar hukuman 6 bulan penjara saja, lho!

Baca Juga  Punya 7 Gelar Juara Dunia, Marc Marquez Ternyata Tidak Punya SIM!
Pertempuran Bunuh Diri
Pertempuran Bunuh Diri
Ilustrasi Pertempuran Karansebes @Wikipedia

Identiknya, pertempuran adalah upaya membunuh lawan. Namun yang terjadi antara Kekaisaran Ottoman dan Austria pada tahun 1787 – 1791 sungguh berbeda. Austria memang kalah telak dari Ottoman. Namun terlepas dari itu semua, Pasukan Austria sempat keliru mengira kawan sebagai lawan saat Pertempuran Karansebes. Alhasil, pertempuran bodoh nan sia-sia itu memakan korban hingga 10 ribu jiwa.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.