@creativestartups(dot)org
@creativestartups

MALANGTODAY.NET – Simbol ©, ®, dan TM seringkali dijumpai pada merek suatu produk. Selain itu juga biasa ditemui di web-web komersial. Simbol-simbol ini menyatakan hak milik suatu karya/produk terhadap seseorang ataupun lembaga. Nah, apa sih arti dari masing-masing simbol tersebut? Yuk simak penjelasan yang dirangkum MalangTODAY berikut ini;

1.        © atau copyright alias hak cipta

@interactive Desain Institute
@interactive Desain Institute

Dikutip dari Gradin, simbol ini digunakan sebagai bentuk pemberitahuan hak cipta atas semua hasil kerja kreatif yang diatur dalam UU RI No 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Dengan adanya hak cipta, maka sang pemegang hak tersebut berhak untuk membatasi penggandaan karya yang illegal.

Perlindungan hak cipta disini juga memiliki batas waktu, yaitu 50 tahun sejak ciptaan dipublikasikan. Contoh karya yang bisa dikategorikan hak cipta yaitu karya fotografi, software komputer, dan kompilasi ciptaan atau data. Penggunaan simbol ini tetap bisa digunakan meskipun tidak ada sertifikat hak cipta yang menyertainya.

2.        ® atau registered mark alias merk terdaftar

@pixabay
@pixabay

Sesuai namanya, berarti produk ini sudah terdaftar dalam daftar umum merek. Buktinya yaitu dengan dimilikinya sertifikat merek pada karya/produk. Karenanya, penggunaan simbol ini tidak bisa sembarangan. Hanya yang sudah resmi terdaftar di kantor Paten Nasional saja yang diperbolehkan menggunakannya.

Tentu pengakuan atas simbol yang memiliki jangka waktu perlindungan hak setiap 5 tahun ini diajukan sesuai negaranya. Kalau barang tersebut dibawa ke kancah internasional berarti sang pemegang merek juga harus mengurus pendaftaran merek di negara-negara yang dituju. Misalnya jika dipasarkan di Amerika, maka terlebih dahulu harus didaftarkan di Department of Commerce.

3.        TM atau trademark alias merk dagang

@bright Hub
@bright Hub

Menurut UU No 15 tahun 2001 tentang merek, merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan barang-barang sejenis lainnya. Penggunaan simbol ini berarti bahwa pendaftaran produk sudah/masih diproses dan disetujui hanya saja belum terdaftar secara resmi.

Kontributor: Almira Sifak Fauziah Narariya

(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here