Wow! Ternyata Ada 10 Pantangan dalam Perayaan Imlek
Ilustrasi perayaan Imlek @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Tahun Baru Imlek adalah tahun yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh penjuru dunia. Untuk merayakan Imlek, berbagai tradisi pun dilakukan, seperti sembahyang, memakai baju baru, memberikan angpau, dan lain sebagainya. Namun, ada juga loh beberapa hal tabu yang dilarang dilakukan saat Tahun Baru Imlek. Bisa dibilang pantangan dalam Imlek. Apa saja itu? Berikut ulasan MalangTODAY.net;

  1. Obat   

Menggunakan obat pada hari pertama tahun baru Imlek menadi pantangan masyarakat Tionghoa. Mereka percaya, bahwa seseorang yang menggunakan obat akan mendapatkan sakit sepanjang tahun 2018.

  1. Sarapan Bubur

Bubur tidak boleh dimakan saat Tahun Baru Imlek. Bubur diidentikkan dengan makanan orang miskin, karena itu masyarakat Tionghoa percaya mereka tidak akan memulai tahun dengan “kemiskinan”.

  1. Mencuci Pakaian

Orang-orang tidak diperbolehkan mencuci pakaian saat hari pertama dan kedua perayaan Imlek. Hal ini karena dua hari tersebut merupakan perayaan kelahiran Shiuishen (Dewa Air).

Baca juga: Sambil Meneteskan Air Mata, Millendaru Ungkap Penyebab Kematian Ayahanda

  1. Mencuci Rambut

Seperti halnya pakaian, orang-orang dilarang mencuci rambut saat hari pertama Tahun Baru Imlek. Menurut kepercayaan Tiongkok, dengan mencuci rambut maka keberuntungan saat tahun baru akan hilang.

  1. Keluar Rumah

Bagi seorang wanita, ia  tidak diperbolehkan meninggalkan rumah. Jika tidak, dia akan terganggu dengan nasib buruk setahun mendatang. Begitu pun dengan seorang wanita yang sudah menikah, ia tidak diijinkan mengunjungi rumah orang tuanya karena hal ini diyakini akan membawa nasib buruk kepada orang tua, yang menyebabkan kesulitan ekonomi bagi keluarga.

Baca juga: Waspada! Albothyl Terancam Ditarik Oleh BPOM Karena Hal Ini

  1. Menyapu

Pantang bagi masyarakat Tionghoa untuk menyapu halaman saat tahun baru. Sama halnya dengan mencuci rambut, menyapu halaman saat tahun baru dipercaya akan menghilangkan keberuntungan.

  1. Anak Menangis

Tangisan anak kecil dipercaya bisa membawa nasib buruk bagi keluarga. Jadi biasanya kedua orang tua akan melakukan apapun agar anak mereka bahagia.

  1. Berhutang

Jika seseorang meminjam uang, si pemberi pinjaman dilarang untuk menagih dan meminta kembali uangnya. Karena mereka yang melakukan itu tidak akan beruntung sepanjang tahun.

Baca Juga : Beredar Foto Penjual Jamu Cantik Bikin Salah Fokus!

  1. Pakaian

Memakai pakaian yang kusut ataupun pakaian yang bernuansa monochrome (Putih/Hitam) akan mendatangkan nasib buruk. Dan pakaian hitam putih dilambangkan dengan situasi berkabung atau duka cita.

  1. Tidak boleh membalik ikan saat makan

Masyarakat Tionghoa tidak boleh membalik ikan untuk mengambil daging ikan pada bagian bawah. Selain itu mereka tidak boleh menghabiskan ikan tersebut dan harus menyisakannya agar bisa dinikmati esok hari. Masyarakat Tionghoa percaya kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

Loading...