Ternyata Vegan dan Vegetarian Itu Beda Lho! Simak Penjelasannya
Vegan dan Vegetarian (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Banyak orang yang mengira bahwa vegan adalah sebutan untuk orang vegetarian. Tahu nggak sih, ternyata hal ini salah! Vegan dan Vegetarian adalah hal yang berbeda.

Banyak yang nggak tahu bahwa vegan dan vegetarian adalah dua hal yang beda. Meskipun berbeda, dua jenis diet atau pola makan ini sama-sama memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Dilansir dari Hubpages, ini dia perbedaan antara vegan dan vegetarian yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga: 6 Selebriti Dunia Ini Punya Rahasia yang Tak Terduga!

Vegan

Ternyata Vegan dan Vegetarian Itu Beda Lho! Simak Penjelasannya
Vegan food (Istimewa)

Vegan adalah sebutan untuk pola makan yang mengkonsumsi sayuran, namun tidak menyantap produk hewani secara keseluruhan. Pola makan ini biasanya muncul sesuai dengan pribadi masing-masing orang. Ada beberapa orang yang menjadi vegan karena alergi terhadap produk hewani tertentu.

Walaupun mengurangi jumlah konsumsi produk hewani, pola makan ini juga punya manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah menyehatkan kardiovaskuler, meningkatkan kesehatan jantung, terhindar dari lemak dan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, memerangi diabetes tipe 2, mencegang kanker payudara, serta mengobati masalah tulang seperti osteoporosis.

Baca Juga: Biar Nggak Radang Tenggorokkan, 4 Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Selama Ramadan

Vegetarian

Vegetarian adalah sebutan untuk pola makan yang mengkonsumsi sayuran dan sama sekali tidak menyantap daging. Sama seperti vegan, vegetarian bisa muncul karena faktor biologis tubuh seperti alergi daging.

Vegetarian dibagi lagi menjadi beberapa macam. Hal ini pun berdasarkan makanan yang dikonsumsi oleh seorang vegetarian.

Ternyata Vegan dan Vegetarian Itu Beda Lho! Simak Penjelasannya
Vegetarian food (Istimewa)

Pescatarian

Jenis diet atau pola makan yang tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daging dan produk hewani lainnya, cuman masih mengkonsumsi ikan.

Flexitarian

Sama dengan namanya, flexi alias fleksibel, diet ini merupakan semi vegetarian di mana seorang flexitarian masih bisa mengkonsumsi daging, ikan atau ayam pada waktu tertentu.

Lacto-vegetarian

Kalau yang satu ini adalah sebutan untuk pola makan yang tidak mengkonsumsi telur, daging, ikan, unggas dan produk hewani lainnya. Tapi masih bisa mengkonsumsi produk olahan hewani seperti susu sapi.

Baca Juga: 6 Makanan Biasa Ini Ternyata Bisa Bikin Kita Keracunan!

Ovo-vegetarian

Orang yang menjalani diet atau pola makan Ovo-vegetarian, berarti ia masih mengkonsumsi telur, namun tidak mengkonsumsi daging atau produk susu.

Lacto-Ovo-vegetarian

Pola makan ini merupakan gabungan dari Lacto-vegetarian dan Ovo-vegetarian. Artinya seseorang masih bisa mengkonsumsi produk olahan hewani seperti susu, keju, telur dan lainnya dan tidak memakan daging.

Manfaatnya pun juga sama menyehatkannya seperti manfaat vegan, yaitu menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, memperpanjang usia, menurunkan berat badan, menurunkan resiko diabetes, dan memperbaiki masalah batu empedu.


Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...