Ilustrasi tersambar petir (Istimewa)
Ilustrasi tersambar petir (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Banyak wilayah-wilayah di Indonesia mendapatkan masalah ketika musim penghujan datang. Mulai dari banjir hingga hal yang muncul hanya saat musim hujan yakni petir. Banyak hal yang bisa memicu sambaran petir kepada sesuatu atau bahkan seseorang. Lantas apakah memainkan ponsel bisa membuat kita tersambar petir?

Menurut jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat, NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), telepon seluler aman dipakai meskipun saat hujan.

“Tidak ada penghubung langsung antara Anda dan petir,” tulis NOAA dalam situsnya.

Baca Juga  Pre-order Samsung Galaxy Note 8 Dimulai 1 September?

Yang disarankan untuk dihindari oleh NOAA adalah penggunaan telepon kabel, misalnya telepon rumah, pada saat hujan. Sebab, kabel bisa menjadi penghantar listrik.

Insiden tersambar petir karena bermain ponsel kerap terjadi. Salah satunya seperti yang British Medical Journal catat pada tahun 2006 lalu, kejadian yang dialami oleh seorang wanita 15 tahun yang disambar petir saat menelepon dengan ponsel di tempat terbuka saat kondisi hujan.

Wanita tersebut tidak sampai mengalami luka bakar, tetapi sempat mengalami serangan jantung dan berhasil diresusitasi. Namun, satu tahun kemudian, wanita tersebut menjadi lumpuh dan harus menggunakan kursi roda.

Ia juga dilaporkan mengalami kesulitan fisik serta kerusakan otak yang menimbulkan masalah emosi dan kognitif. Kejadian lain berlangsung pada tahun 2007 silam.

Baca Juga  Belanja Smartphone, Awas Jangan Tergiur Diskon Abal-abal

Seperti diterbitkan New England Journal of Medicine, seorang pelari berumur 37 tahun terpental saat petir menyambar pohon yang berada di dekatnya. NOAA tidak mengatakan bahwa ada hubungan antara petir dan ponsel.

Akan tetapi disarankan agar tidak menggunakan ponsel (sedang di charger atau tidak) saat hujan dan petir. Terutama jika ZensTODAY sedang berada di area terbuka. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan ponsel! Apalagi sekarang sedang musim hujan.


Penulis : Ilham Musyafa
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.