Suka Menulis? Simak Kiat-kiatnya dari Komunitas Menulis Malang Raya
Ilustasi menulis (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Ketua Komunitas Menulis Malang Raya, Anies Hidayati membeberkan kiat-kiat menulis agar banyak diminati orang. Siapa tahu setelah membaca ini, gairah menulismu tumbuh dan menjulang tinggi.

Menurut Anies, kiat menulis yang pertama yaitu harus selalu semangat. Memelihara semangat itu gampang-gampang susah. Biasanya semangat akan tumbuh itu di saat kita sedang menghadapi suatu masalah atau terinspirasi sesuatu.

Nah, kalau sosok yang kerap disapa Bu Anies ini semangat karena dengan menulis akan menghilangkan ke-gabut-an yang diakibatkan oleh sesuatu masalah.

“Sempat vakum 20 tahun setelah menikah, karena ada musibah, mulailah menulis kembali sekitar pertengahan tahun lalu,” ujarnya saat ditemui pada acara Launching dan Kopdar Komalku Raya di aula lantai 2 MTsN Malang 1, Rabu (6/2/2018/9).

Kiat menulis kedua, lanjutnya, adalah konsisten. Konsistensi penting agar kegiatan menulis bisa berjalan lancar. “Pernah setelah lama vakum, terus coba lagi, eh, ternyata jari-jariku masih bisa digunakan, ya,” ujarnya lantas tertawa.

Selain melancarkan kegiatan menulis, konsistensi juga mengantarkan kita pada olah rasa dan olah kata dalam menulis. “Jadi ini juga berkaitan dengan bagaimana kita menggunakan kata yang pas di tiap kalimat. Lalu menyusun paragraf, seperti itu-lah,” ujarnya.

Kiat menulis yang ketiga adalah mau menerima kritik. Bu Anies berpendapat kalau kita terbuka terhadap kritik orang lain, berharaplah perkembangan akan menghampiri Anda. Sebab, hal itu bisa memicu kita untuk selalu berbenah, sehingga kesempatan menjadi lebih baik terbuka lebar.

“Pernah satu ketika saya nulis tentang VA, ternyata dapat tanggapan beragam dari para fansku di plugme. Yang ini-lah, yang itu-lah, segala macem; yaudahlah ditanggapi dengan santai aja,” jelasnya lebih lanjut.

Itulah beberapa kiat-kiat menulis yang dibeberkan Bu Anies. Mungkin bagi kalian ini terlalu umum atau sudah banyak dipaparkan oleh pakar yang lain. Namun percayalah jika kalian tekun dan konsisten, keberhasilan tidak akan menjauhi kalian. Semangat! (BAS/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.