Skincare
Ilustarsi @Oprah

MALANGTODAY.NET Ingin wajah tampil maksimal tapi budget minimalis? Biasanya kamu akan halalkan segala cara untuk mendapat perawatan wajah yang bagus. Termasuk penggunaan skincare.

Demi skincare yang nggak bikin kantong jebol, kamu lebih pilih DIY skincare. Cara-cara bikin DIY skincare udah bejibun banget di internet. Sayangnya, ada beberapa bahan yang seharusnya kamu hindari. Sebab, kalau digunakan secara rutin dalam jangka panjang akan berbahaya untuk kesehatan kulit wajahmu.

Dilansir dari female daily network, inilah daftar bahan yang harus kamu hindari,

1.     Baking soda

Baking Soda Foto Care2
Baking Soda @ Care

Bahan yang sering digunakan sebagai exfoliator ini ternyata memiliki pH yang sangat tinggi, 9. Sedangkan pH alami kulit kita adalah 4,7-5. Akibatnya, kulit akan rawan iritasi.

2.    Buah lemon

Lemon Foto Alma Naturals
Lemon @Alma Naturals

Akibat yang ditimbulkan oleh buah yang rasanya asam ini sama seperti baking soda. Iritasi kulit akan timbul karena pH-nya yang sangat rendah, 2. Selain itu, buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini juga dapat menyebabkan kulit lebih kering dan lebih sensitif.

3.    Pasta gigi

Pasta Gigi Foto Dunia Informasi Kesehatan
Pasta Gigi @Dunia Informasi Kesehatan

Pasta gigi biasanya sering didengar untuk menghilangkan jerawat. Tapi kenyataannya nggak tuh. Alasannya karena peroxide, baking soda, SLS yang dikandungnya malah akan menimbulkan kulit kering dan iritasi. Untuk memulihkan jerawat, sebaiknya pakai obat jerawat saja. Misalnya yang mengandung Benzoyl peroxide.

4.    Mayonnaise

Mayonaise
Mayonaise @Foi Fun

Mayonnaise kebanyakan dimanfaatkan untuk masker. Jika kamu memiliki wajah berminyak dan berjerawat, bahan ini memiliki potensi menyumbat pori-porimu. Sebab, ia kaya akan lemak dan minyak.

5.    Gula

Gula Foto Fenomagz
Gula @ Fenomagz

Tekstur gula yang berbutir kasar dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, iritasi, dan kemerahan. Jika gula digunakan untuk scrub di bibir, sah-sah saja, tapi nggak recommended buat scrub wajah.

6.    Kayu manis

Kayu Manis Foto Kayu Manis(dot)com
Kayu Manis @ Kayu Manis

Sebaiknya, coba lakukan tes dulu di beberapa bagian wajah. Hal ini guna menghindari reaksi alergi yang akan timbul di beberapa jenis kulit.

7.    Rubbing alkohol/alkohol 90% atau 96%

Alkohol 90% Foto Gorenjske Lekarne
Alkohol 90% @Gorenjske Lekarne

Alkohol ini bagi sebagian orang digunakan untuk mengobati jerawat. Tapi, efek negatifnya sangat besar lho. Kulit akan mengalam iritasi, kelembapan alami kulit menjadi rusak.

Jadi, masih mau coba-coba pakai bahan-bahan diatas?

Kontributor : Almira Sifak Fauziah Narariya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.