Sempat Menguat, Rupiah Kembali Tembus Level Rp 14 ribu per Dolar AS
Ilustrasi Kurs Tukar Dollar@monexnews

MALANGTODAY.NET Pada perdagangan pasar spot hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin melemah. Bahkan dolar AS kini sudah melampaui level Rp 14 000.

Menurut pantauan MalangTODAY, Dolar AS dibanderol Rp 14.045 sejak Senin (11/2/2018) pukul 12:00 WIB. Pencapaian tersebut melemah 0,61% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Baca Juga  Hari Ini, Rupiah Hancurkan Dolar AS Hingga 75 Poin!

Hal tersebut sesuai dengan prediksi Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra. Menurut Ariston, dolar AS menguat karena ada isu pelambatan ekonomi yang dipicu dari Eropa.

Seperti revisi menurun prediksi pertumbuhan PDB Inggris 2019 dari 1,7 persen menjadi 1,2 perseb oleh Bank Sentral Inggris, dan data pertumbuhan produksi Industri Jerman yang negatif.

“Potensi kisaran rupiah Senin ini Rp 13.930-Rp 14.000,” ujarnya di Jakarta, dilansir dari laman Suara, Senin (11/2/2019).

Baca Juga  Penyebab dan Skenario Terburuk Jika Rupiah Terus Melemah

Akan tetapi menurut Ariston, pasar harus mewaspadai pertemuan bilateral antara AS dan China di Beijing yang dimulai Senin ini untuk mencari jalan keluar perang dagang.

“Hasil yang positif bisa mendorong penguatan rupiah vs dolar AS, karena bisa meredakan kecemasan pelaku pasar dan pelaku pasar mau kembali ke investasi beresiko. Dan sebaliknya,” jelasnya. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.