Presentasi Hebat Cuma Butuh 15 Detik
Presentasi @merdeka

MALANGTODAY.NET – Presentasi adalah suatu aktivitas menyampaikan informasi di depan banyak orang. Biasanya kegiatan ini sudah akrab dengan para mahasiswa. Tak hanya itu, di dunia kerja juga masih banyak berlaku. Biasanya untuk merilis produk baru.

Dilansir dari life hack, pada dasarnya komunikasi terdiri dari 93% non verbal dan 7% verbal, dimana yang lebih banyak non verbal atau gerak tubuh. Adanya gerak tubuh akan membuat audiens lebih memperhatikan informasi yang disampaikan.

Jam terbang turut mempengaruhi skill dalam melakukan presentasi. Kalau kamu seorang pemula atau masih kikuk gimana sih caranya presentasi yang asik itu? Yuk praktikkan gerakan tangan ini supaya lebih memukau dan tidak membosankan;

1.     Telapak tangan diatas

Telapak Tangan Diatas Foto Jobs(dot)id
Telapak Tangan Diatas Foto: Jobs.id

Menjaga telapak tangan terbuka berarti memiliki sikap terbuka dan jujur. Gerakan ini akan membuat audiens merasa nyaman. Dengan isyarat telapak tangan seperti ini, tanpa disadari nada bicara akan naik dan mengarahkan audiens untuk patuh.

Penelitian menemukan bahwa dosen yang menggunakan cara ini menerima 84% feedback positif. Sementara yang ketika telapak tangannya ke bawah hanya mendapat 52% umpan positif. Keduanya dilakukan dengan presentasi yang sama. Percaya, cobalah.

2.    Tangan steepling (membentuk menara atau ujung-jung jari berhadapan) bukan meremas/menggenggam

Tangan Steepling Maureen Rotinsulu
Tangan Steepling @Maureen Rotinsulu

Gerakan ini sering digunakan oleh Steve Jobs selama presentasi untuk menyampaikan pesan kepercayaan dan kebijaksanaan. Kalau tangan meremas memberi arti bahwa kamu sedang gelisah atau gugup. Biasanya steepling digunakan saat jeda berpikir atau berganti topik.

3.    Simbol OK

Simbol Ok Foto Democraticunderground(dot)com
Simbol Ok. Foto: Democraticunderground.)com

Gerakan ini berwibawa dan tidak agresif. Audiens menyatakan bahwa presenter yang menggunakan sinyal OK mengisyaratkan pemikiran, berorientasi pada tujuan, dan fokus. Kebalikan dari gerakan tangna ini yaitu gerakan tangan yang menunjuk.

4.    Jangan meletakkan kedua tangan di belakang punggung

Dua Tangan Di Belakang Punggung Tribun
Dua Tangan Di Belakang Punggung @Tribun

Sikap ini membuatmu tampil tidak professional dan canggung. Audiens merasa kamu yang mendikte mereka bukan membimbing mereka. Tanganmu adalah alatmu, gunakan itu. mengomunikasikan informasi lebih efektif ketika menunjuk bagian atau nomer dengan tanganmu, bukan pointer. Sudah saatnya untuk melibatkan audiens dan buat mereka lebih memperhatikan apa maksudmu.

5.    Gunakan satu sisi telapak tangan

Satu Sisi Telapak Tangan Inspirasi Praktis
Satu Sisi Telapak Tangan @Inspirasi Praktis

Posisikan tangan seakan seperti sedang bersalaman. Ini mengartikan bahwakamu benar-benar menjangkau audiens karena kamu punya perhatian penuh. Selain itu, akan jauh lebih mudah untuk mempengaruhi mereka.

Nah, itu dia lima tips gerakan tangan supaya presentasimu nggak kaku dan membosankan lagi. Segera praktikkan dan lihat hasilnya.