Jadi Dirimu Sendiri Foto Tujuan Untuk Suatu Impian Satu
@Tujuan Untuk Suatu Impian Satu

MALANGTODAY.NET – Entah itu kita termasuk orang yang introvert ataupun ekstrovert, akan ada momen dimana muncul perasaan aneh dan canggung dalam suatu percakapan. Kita akan selalu berpikir topik apa yang kira-kira pantas untuk dibicarakan.

Perasaan panik bisa saja muncul saat kita sudah tidak tahu apa yang bisa dibicarakan lagi. Ketika kita memilih untuk diam sejenak, maka itu minimbulkan mental blok.

Jadi, kenapa situasi seperti ini bisa terjadi? Jawabannya karena kita belum mengenal orang atau kelompok tersebut. Ketika diri kita terjun dalam suatu percakapan dimana diantara orang-orang itu belum tahu kesamaannya, akan sulit untuk memulai. Sebab, kita tidak tahu apa yang harus dan tidak boleh dibicarakan.

Lantas, bagaimana menjalin percakapan dengan orang yang belum kamu kenal? Berikut ulasannya dilansir dari lifehack;

1.  Jangan fokuskan tujuan untuk ‘menjadi menarik’

Canggung Memulai Percakapan Foto Viva
@Viva

Banyak orang berpikiran bahwa untuk bisa memenangkan suatu percakapan adalah dengan menjadi menarik. Faktanya, itu adalah sebuah masalah. Interaksi tidak harus berwawasan untuk menjadi bermakna.

Kebanyakan orang tidak mengingat apa yang dibicarakan dalam suatu percakapan, hanya interaksinya saja yang berperan. Jangan terpaku pada kesan yang mereka berikan, jadilah dirimu sendiri.

2.  Biarkan mereka berbicara tentang dirinya dengan memberikan pertanyaan yang baik

Secara umum, orang suka berbicara tenatang dirinya sendiri. Sebab, itulah yang mereka ketahui dengan pasti, bukan karena egois ya.

Bisa dicoba dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang menunjukkan sisi personalnya. Itu akan membuat orang merasa diperhatikan. Misalnya, jika mereka tampak lelah tanyakan apa yang mereka lakukan kemarin. Kuncinya, ajukan pertanyaan yang tidak menimbulkan sekedar jawaban ya dan tidak.

3.  Miliki percakapan tentang makanan

Bicara Tentang Makanan Foto Kezia Kainina
Bicara Tentang Makanan @Kezia Kainina

Jika sedang makan bersama, mulailah percakapan dengan memberi komentar tentang makanan tersebut. Bisa juga nanti diperluas dengan makanan-makanan lainnya. Jika belum ingin makan, cobalah minta saran  makanan apa yang harus kamu makan. Topik sederhana tentang makanan ini pasti sukses diterapkan.

4.  Ulangi dengan sederhana apa yang mereka bicarakan

Berikan kesan bahwa kamu tertarik dengan apa yang lawan bicaramu katakan. Mereka akan dengan senang hati untuk menceritakan yang lebih lagi ke kamu. Dengan mengulang apa yang mereka bicarakan, berarti kamu menyimak apa yang sedang dibicarakan. Selain itu juga bisa menjadi sebuah klarifikasi atas pemahamanmu.

5.  Berbagilah hal kecil tentangmu

Berbagi tentang hal kecil nampak bukan menjadi topik yang nyaman untuk beberapa orang seperti tipe introvert. Bagaimanapun, berbagi hal kecil tentang diri sendiri akan membuat percakapan lebih mengalir apa adanya.

6.  Tampil dengan ‘saya tahu semua’ akan memperburuk suasana percakapan

Mengetahui semuanya sama saja seperti cenderung mendominasi percakapan. Dimana salah satu pihak akan memilih diam. Sebaiknya, meski kamu tahu tentang apa yang dibicarakan, utarakan seperlunya saja sehingga masih ada timbal balik antar dua orang.

Loading...