Ilustrasi ramalan menggunakan bola kristal (ist)
Ilustrasi ramalan menggunakan bola kristal (ist)

MALANGTODAY.NET – Prediksi-prediksi akan masa depan seringkali kita percaya akan terjadi. Akan tetapi, kenapa kita bisa dengan mudah mempercayainya?

Ternyata hal ini disebabkan oleh efek Barnum atau efek Forer. Efek Barnum adalah suatu manipulasi psikologis dari sesuatu yang umum berlaku pada semua orang tetapi seolah-olah berlaku khusus pada seorang individu.

Baca Juga  Dua Ramalan Baba Vanga di Tahun 2018 yang Dikenal Akurat

Dilansir dari IDNtimes.com (4/10/2016), efek yang diciptakan oleh Bertram R. Forer ini membuat manusia mudah tertipu dan menipu dirinya sendiri. Ditambah lagi, kita akan cenderung mudah menerima pernyataan positif terhadap diri kita daripada yang negatif.

Pernyataan positif akan semakin mudah kita terima melalui pembacaan kepribadian. Menurut salah satu penelitian dalam Psychology Today, manusia akan lebih mudah dipancing melalui pembacaan pikiran daripada ramalan nasib.

Saat membaca ramalan bintang mengenai hal yang baik-baik, setidaknya kita akan menerimanya dan mungkin dijadikan masukan.

Contohnya ketika ramalan mengatakan, “Kamu akan banyak mendapat rezeki dalam waktu dekat.” Ini adalah contoh kalimat umum yang bisa dikatakan ke semua orang. akan tetapi sebagai penerima ungkapan dari seseorang yang dianggap memiliki keahlian meramal, seolah-olah ini adalah kalimat khusus yang hanya ditujukan untukmu seorang.

Kalau sudah begini, otomatis otak akan merespon dengan harapan-harapan. Kemudian hal tersebut benar terjadi.

Baca Juga  Yuk Intip Kepribadian Kamu dengan Memilih Jenis Batu Ini!

Sebaliknya jika isi ramalan berupa hal-hal kurang baik, pasti kamu akan cenderung mengabaikannya. Secara tidak sadar, kamu akan menganggap bahwa ramalan tersebut hanya tebakan dan itu keliru.

Nah, itulah penjelasan mengapa kita bisa dengan mudah percaya akan ramalan-ramalan yang beredar. Kalau kamu sendiri, tipe yang percaya atau menganggap ramalan itu palsu?

 


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.