Pelajaran Hidup dari Kawanan Serigala, Nggak Nyangka Bro!
Kawanan serigala @Animals

MALANGTODAY.NET – Selain dikenal sebagai hewan nokturnal, serigala merupakan salah satu hewan buas yang ditakuti di alam liar. Dalam beberapa kisah film, dongeng, dan lain-lain, serigala kerap digambarkan sebagai sosok dengan sifat jahat, keji, tak segan untuk membunuh, dan licik. Namun benarkah demikian?

Ternyata apa yang ZensTODAY sering dapatkan di film tak semuanya sesuai dengan aslinya. Serigala memang dikenal buas, namun kehidupan serigala ternyata mengandung pelajaran penting kehidupan. Terlebih dalam hal manajemen kelompok dan organisasi.

Baca Juga: 4 Barang Murahan di Indonesia Ini Sangat Mahal di Luar Negeri

Hampir tidak disadari, dalam melakukan perjalanan kawanan serigala membentuk formasi cukup unik. Meski terkesan seperti barisan biasa, namun urutan dalam barisan tersebut menentukan bagaimana kawanan serigala bertahan hidup di kerasnya alam liar.

Dilansir dari National Geographic, berikut ulasannya.

Tua atau Sakit di Barisan Terdepan

Barisan terdepan biasanya akan diisi oleh serigala yang sudah tua dan yang sedang sakit. Tujuannya adalah untuk mengatur kecepatan kawanan selama perjalanan. Hal ini bisa berarti dua pelajaran untuk kita. Pertama, untuk lebih empati pada yang lemah, dan yang kedua untuk meneladani cara orang tua dalam melihat kehidupan.

Baca Juga: 2040, Angka Harapan Hidup di Indonesia Cuma Ranking 6 di ASEAN

Terkuat Berada di Depan dan Belakang

Kemudian untuk golongan kuat akan berada di bagian depan dan belakang barisan. Hal ini bertujuan untuk melindungi seluruh kawanan dari serangan depan maupun belakang. Sama halnya dalam hidup berkelompok, usahakan sosok yang paling kuat, terampil, dan cekatan menjadi sosok penjaga keutuhan kelompok.

Pemimpin Berada Paling Belakang

Lalu yang berada di barisan belakang adalah serigala pemimpin kawanan tersebut. Biasanya pemimpin dipilih karena paling kuat, terampil, dan disiplin. Tujuannya adalah untuk menjaga kawanan agar tidak ada yang tertinggal dan tetap berada di jalur yang sama. Ia akan siap menerjang ke segala arah untuk melindungi kawanannya.

Baca Juga: Wah! Panjang Jari Tangan Bisa Menunjukkan Orientasi Seksualmu, Loh

Jika ditarik dalam hidup berkelompok, maka fungsi sejati pemimpin bukanlah berada di depan memimpin kelompok, melainkan berada di belakang dan siap memberikan bantuan dan sokongan berupa motivasi, apresiasi, dan saran.

Jadi, sudah belajar kah ZensTODAY dari kawanan serigala?


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...