Nggak Perlu Dibaca, Punya Banyak Buku Bisa Bikin Pintar!
Ilustrasi buku-buku @Pinterest

MALANGTODAY.NET – Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah sumber ilmu. Hal ini tak salah karena dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan banyak ilmu yang menuntun kita untuk melihat dunia. Bahkan jika kamu hanya memilikinya tanpa pernah membacanya, itu bisa membuat kamu menjadi lebih pintar. Lho kok?!

Dalam riset yang dilakukan oleh peneliti dari Australian National University (ANU) dan University of Nevada, peneliti menemukan fakta mengejutkan bahwa orang yang memiliki buku lebih banyak saat dirinya semakin dewasa akan meningkatkan hasil pendidikan. Tak hanya itu, hal tersbeut juga tetap berpengaruh walaupun buku tersebut tak pernah dibaca.

Baca Juga: Selamat Hari Mencuci Tangan Sedunia, Ini Fakta Unik Tentang Cuci Tangan

Dilansir dari The Guardian, riset ini menunjukkan adanya keterkaitan yang kuat antara jumlah buku yang dimiliki dengan kemampuan membaca, matematika, dan komputer seseorang di masa depan. Lalu jika mengacu pada hasil penelitian tersebut, maka negara mana yang memiliki potensi tersebut?

Estonia merupakan negara pertama yang memiliki banyak buku di dunia. Jika dirata-rata, setiap rumah memiliki sekitar 218 buku. Norwegia menyusul di posisi kedua dengan rata-rata 212 buku di setiap rumah.

Baca Juga: Mimpi Bisa Ditafsirkan Secara Psikologis, Ini Penjelasannya

Hal yang mengejutkan justru datang dari negara adidaya Amerika Serikat (AS). Kerap dianggap sebagai pusat peradaban manusia di era modern, AS justru berada di posisi 11 dengan rata-rata 114 buku per rumah. Angka tersebut bahkan berada di bawah angka rata-rata dunia, yakni 115.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal penelitian Social Science Research. Menurut Kepala Penulis Studi Dr. Joanna Sikora, hasil penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa buku merupakan promotor budaya ilmiah. “Tumbuh di sekitar buku mempromosikan pondasi budaya ilmiah,” terang Joanna.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...