Mengapa Indonesia Libur di Hari Minggu? Ini Sebabnya!
Minggu libur, kenapa?

MALANGTODAY.NET – Tiap negara memiliki hari liburnya masing-masing. Indonesia menetapkan Minggu sebagai hari libur tiap pekannya. Hal ini berbeda dengan negara Timur Tengah seperti Arab Saudi yang menetapkan hari Jumat sebagai hari liburnya, dan juga negara-negara lainnya di dunia.

Dilansir dari Dream.co.id, tiap negara memiliki motif tersendiri mengenai hari libur per pekannya. Arab Saudi menetapkan Jumat sebagai hari libur karena Jumat merupakan hari sakral bagi umat Muslim yang mayoritas mendiami Arab Saudi. Dengan meliburkan aktivitas negara di hari Jumat, masyarakat akan memiliki banyak waktu untuk menunaikan Shalat Jumat dan ibadah lainnya.

Hal berbeda terjadi di Israel. Negara dengan mayoritas masyarakatnya pemeluk agama Yahudi ini menjadikan Sabtu sebagai hari libur. Hal ini lantaran Sabtu adalah hari peribadatan bagi umat Yahudi.

Baca Juga: Bukan Korea Selatan! Ini 10 Negara Paling Banyak Operasi Plastik 2018

Indonesia sendiri menetapkan Minggu sebagai hari libur karena mengadopsi sistem yang berlaku di masa Kerajaan Romawi. Kerajaan yang dikenal sebagai negara adidaya di zamannya telah menguasai berbagai negara di seluruh belahan dunia. Kekuasaan mereka sampai pada negara-negara besar seperti Belanda, Inggris, Perancis, hingga Jerman pernah ditaklukkannya.

Bangsa Romawi adalah bangsa pertama dalam peradaban yang menetapkan Minggu sebagai hari libur mereka. Hal ini karena hari tersebut merupakan waktu yang diyakini baik untuk menunaikan ibadah. Atas dasar itu, mereka meliburkan segala aktivitas di hari Minggu.

Diterapkan di Indonesia
Diterapkan di Indonesia
Ilustrasi kedatangan Belanda ke Indonesia @ID Sejarah

Dikatakan sebelumnya bagaimana bangsa Romawi menancapkan pengaruhnya pada daerah-daerah yang dikuasainya, tak terkecuali dengan Belanda. Negara ini mengadopsi cara bangsa Romawi yang menetapkan hari Minggu sebagai hari libur. Tak hanya itu, mereka juga mengadopsi bagaimana bangsa Romawi menandai hari penting dengan warna merah.

Baca Juga: Ingin Lekas Dapat Jodoh? Coba 4 Mitos dari Berbagai Negara Ini!

Belanda adalah bangsa yang paling lama menduduki Indonesia. Saat itu, Indonesia masih menerapkan sistem kedaerahan dengan kerajaan-kerajaan di berbagai tempat. Masing-masing kerajaan dan budaya menerapkan keyakinan dan kepercayaannya masing-masing.

Setelah Belanda menguasai Indonesia, mereka kemudian menerapkan sistem yang seragam dan menyeluruh. Termasuk di antaranya adalah soal penetapan Minggu sebagai hari libur. Sejak saat itu, hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja di Indonesia dan berlaku hingga hari ini.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...