Ilustrasi @suratkabar
Ilustrasi @suratkabar

MALANGTODAY.NET – ZensTODAY, olahraga memang bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Asal, Zens berniat dan melaksanakannya. Apalagi bila dikerjakan secara istiqamah, efek sampingnya sangat luar biasa.

Namun, Zens, ternyata, di Malang ada, loh, spot-spot olahraga yang hits dan sering dikunjungi orang. Eits, bukan di tempat gym, ya, Zens. Bukan di tempat gym!

Satu hal menarik, spot-spot ini tidak merogoh kocek dalam. Pertama, mungkin Zens akan bayar parkir sepeda saja. Kedua, spot-spot ini gratis dan bisa digunakan sesuka hati. Berbeda dengan gym, Zens musti bayar beberapa lembar rupiah.

Aih, penasaran, kan, di mana itu? Yuk simak ulasan berikut ini!

Ijen Boulevard
Zens juga bisa menikmati olahraga pagi di CFD Kota Malang yang berada di Jalan Ijen Belouvard @malangtoday

Jalan paling ikonik di Kota Malang, ya, Ijen Boulevard namanya. Jalan kembar yang indah, memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi keindahan itu ditambah dengan berderet-deret pohon palm di sisi kanan-kiri jalan, tampak semakin menawan.

Namun, Zens, tahukah kalian bahwa jalan ini bisa dijadikan spot olahraga, loh. Betul. Zens wajib coba setiap hari Minggu, karena di sepanjang Jalan Ijen Boulevard sampai Jalan Simpang Balapan digunakan sebagai areal Car Free Day (CFD) Kota Malang.

Event mingguan di Kota Malang ini bisa Zens manfaatkan untuk mengucurkan keringat dengan lari padi, yoga, atau senam ramai-ramai di Bundaran Simpang Balapan.

Tidak hanya itu, di CFD, Zens juga bisa menampilkan sesuatu yang unik, kumpul komunitas, dan sebaginya; serta bisa juga kulineran. Em, dua-duanya menarik, tapi yang terakhir jauh lebih menggiurkan.

Taman Merjosari
Areal olahraga di sudut taman Merjosari @jalanbareng

Taman yang berada di depan eks Pasar Dinoyo ini bisa juga digunakan untuk olahraga. Meskipun tidak memiliki lahan yang cukup luas, taman ini cukup ramai dikunjungi masayarkat sekitar.

Zens juga wajib tahu, kalau di taman ini juga ada areal gym gratis. Sejumlah alat penunjang olahraga tersedia di taman ini. Alat-alat ini memang disediakan untuk berolahraga.

Selain areal gym gratis, Zens juga bisa memanfaatkan track yang ada di taman untuk lari. Biasanya orang-orang mengambil tracking di pinggir taman dan berlari memutarinya.

Zens juga perlu tahu ada areal reumatik yang perlu dicoba. Areal ini berbentuk kolam, tetapi dipenuhi dengan batu-batu untuk relaksasi. Menyenangkan, bukan?

Kalau olahraga di CFD hanya setiap Minggu, di Taman Singhasari bisa olahraga tiap hari.

Taman ini juga ramai dikunjungi banyak orang. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, rekreasi murah, nongkrong santai nan syahdu, sampai kopdar pun bisa di taman.

Lapangan Rampal
Lapangan Rampal, Malang, kerap dijadikan salah satu spot hits untuk berolahraga @amazingmalang

Lapangan yang satu ini sepertinya tidak pernah sepi aktivitas membakar karbo. Yap! Setiap hari ada saja masyarakat yang berolahraga di sini. Mulai dari lari, sepak bola, gymnastik, basket, voli, tenis lantai, sampai (mungkin) renang juga.

Jika penasaran, Zens bisa datang ke Rampal (sebutan juga untuk lapangan ini) pada pagi dan sore hari. Dua waktu itu sangat ramai orang-orang melakukan pola hidup sehat.

Kelebihan lapangan ini adalah arealnya yang luas, sehingga bisa melakukan beragam olahraga dengan nyaman. Wajar saja, sebab lapangan ini merupakan lapangan TNI yang biasa digunakan untuk kegiatan kemiliteran.

Pada hari Minggu, di Rampal juga ada aktivitas senam bersama yang dipandu oleh instruktur-instruktur handal. Arealnya yang luas, membuat lapangan ini berjubel manusia untuk mengolah kesehatan.

Jangan salah, lapangan ini juga kerap menyuguhkan beragam acara, loh, Zens. Acara-acara besar yang pernah ada di lapangan ini, misalnya terkait festival, konser band, atau perayaan kemiliteran.

Bundaran Tugu Malang
Tugu malang juga kadang digunakan untuk berolahraga, misalnya lari dan jalan kaki @jadiberita

Sepertinya mustahil berolahraga di sini, sebab tak cukup ruang untuk melakukan aktivitas mencari keringat ini. Namun, beberapa orang melakukan olahraga lari dan berjalan kaki dengan mengitari tugu ini. Orang-orang berolahraga, ‘tawaf’ di pendestrian yang ada di luar pembatas taman Tugu Malang.

Biasa mereka melakukannya pada pagi hari. Namun, ada pula yang sore hari. Hanya beberapa orang saja yang berolahraga di sini. Itu pun terlihat jarang.

Jika Zens tertarik berolahraga di sini, kenapa enggak?!

Keempat spot olahraga di atas hanyalah sebagian kecil lokasi yang biasa digunakan untuk berolahraga. Masih banyak tempat-tempat lain yang bisa dan aman untuk berolahraga, misalnya di kawasan kampus.

Berolahraga juga tidak hanya di hari Minggu pada saat CFD saja, tetapi bisa seminggu tiga kali, bergantung jadwal masing-masing.

Intinya adalah berolahraga untuk kesehatan. Sebab, di balik jiwa yang kuat, ada badan yang sehat. Ayo olahraga! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.