Kurangi Risiko Kanker Dengan Cara Berikut!
Ilustrasi @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – World Cancer Research Fund (WCRF) selaku otoritas ilmiah global terkait pencegahan kanker, menunjukkan bahwa, sekitar sepertiga dari dari risiko kanker yang paling umum dapat dicegah melalui diet, berat badan yang sehat, dan aktivitas fisik secara teratur.
 
Berikut beberapa rekomendari WCRF terkait cara jitu untuk mengurangi risiko kanker secara keseluruhan, seperti dilansir dari mayjoyonline.com
 
1. Menjaga berat badan yang sehat
Menjaga berat badan dengan mengontrol porsi makanan dan meningkatkan aktivitas fisik. Asupan kalori tinggi dari makanan berlemak, bergula, dan minuman, akan menyebabkan penambahan berat badan. Kelebiah berat badan atau obesitas, berisiko terkena kanker yang berbeda, termasuk kanker rahim, hati, usus, kanker payudara setelah menopause dan kanker prostat.
 
2. Menikmati makanan nabati non-tepung

Kurangi Risiko Kanker Dengan Cara Berikut!
@MalangTODAY/Istimewa

Studi ilmiah menunjukkan bahwa makanan nabati yang juga kaya akan serat, dapat mengurangi risiko kenker usus dengan memindah sampah makanan lebih cepat dari usus besar. Buah-buahan, sayuran, dan berbagai jenis kacang-kacangan mengandung bahan kimia tanaman yang dikenal sebagai antioksidan, di mana antioksidan tersebut melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.
 
3. Hindari biji-bijian berjamur
Makanan yang terkontaminasi aflatoksin (racun yang dihasilkan oleh jamur) meningkatkan risiko kanker hati. Proses pengeringan biji-bijian yang yang tidak tepat, dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, dan kemungkinan kontaminasi.
 
4. Kendalikan konsumsi daging merah dan olahan

Kurangi Risiko Kanker Dengan Cara Berikut!
@MalangTODAY/Istimewa

Sebuah bukti penelitian terkait hubungan antara tingkat asupan tinggi daging merah, daging olahan, dan kanker. Pertimbangan membatasi asupan daging merah seperti daging sapi, domba, babi, dan produk sejenis, dengan tingkat konsumtif tidak lebih dari 500 gr per minggu. Selain itu, WCRF Juga menganjurkan untuk menghindari daging olahan dengan pengawet kimia seperti daging kornet, sosis.
 
5. Perbanyak aktivitas fisik

Kurangi Risiko Kanker Dengan Cara Berikut!
@MalangTODAY/Istimewa

Aktivitas fisik, olahraga tidak hanya bermanfaat bagi penurunan berat badan, tetapi juga dapat mengurangi risiko kanker usus, kanker rahim, kanker payudara pasca menopause, dengan kegiatak aktif minimal 30 menit setiap hari.
 
‪Dari uraian tersebut, bukti ilmiah memaparkan bahwasanya pencegahan kanker tidak perlu diet ketat, mengkonsumsi obat-obat pencegahan tertentu.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here