Ilustrasi berpikir sehat @hellosehat
Ilustrasi berpikir sehat @hellosehat

MALANGTODAY.NET – Setiap manusia tentu pernah memikirkan sesuatu. Apapun itu. Namun, jangan sampai salah dalam memikirkan sesuatu. Apa maksudnya?

Menurut laporan Psychology Today, via Bisnis.com pada Rabu (3/4/2019), manusia pada umumnya memiliki 70 ribu pikiran setiap harinya. Banyaknya pikiran tersebut, kita sendiri yang harus memilih pikiran mana yang bisa mendukung hidup kita dan sebaliknya. Jangan sampai karena salah memilih pikiran, hal tersebut malah menjadi sebuah boomerang dalam diri kita.

Ternyata, ada, loh, bagaimana cara melatih pikiran agar tetap sehat, tepat, dan tentunya membahagiakan. Yuk, simak 5 jenis latihan pikiran yang bisa kita ikuti!

Bedakan antara berpikir (refleksi) dan pemecahan masalah

Kadang kala, kita senang dengan memikirkan sesuatu dengan lebih dalam. Namun, apalah artinya jika hal tersebut hanya sebatas memikirkan saja, tanpa ada tindakan yang mendukung. Berpikir dan refleksi  tanpa bertindak, hanya akan membuat Anda semakin lelah.

Jika Anda benar-benar ingin kelua dari suatu masalah, maka carilah waktu tertentu untuk memikirkannya. Jangan terus-menerus memaksa otak Anda untuk berpikir tanpa ada solusi. Itu hanya akan membuat Anda semakin bingung dan tidak menemukan titik terangnya.

Anda juga perlu menyegarkan otak dengan berhenti memikirkan masalah hidup yang membelit. Namun, ingat! Keluar dari masalah tanpa solusi akan menimbulkan masalah baru.

Ilustrasi kebahagiaan @beritagar
Ilustrasi kebahagiaan @beritagar
Beri diri Anda nasihat yang sama dengan orang lain

Latihan yang kedua ini maksudnya adlaah memehami diri sendiri. Pahamilah diri sendiri dengan memberikan pengertian-pengertian atau nasihat-nasihat seperti Anda menasihati orang lain.

Kadang, kita sering sangat kritis terhadap diri sendiri. Sehingga hal tersebut dapat menekan pikiran. Ada kalanya Anda perlu berbelas kasih terhadap diri sendiri demi kebaikan keadaan Anda sendiri.  Anda juga perlu berdialog dengan diri sendiri seperti Anda berdialog dengan orang yang Anda kasihi.

Kenali emosi

Banyak orang yang pandai menyembunyikan atau bahkan mengabaikan perasaaanya. Betapa itu sangat menyakitkan dan kalau dibiarkan berlarut-larut akan berbahaya. Jika Anda sering bertindak seperti itu, Anda akan mengalami kesulitan dalam mengenali perasaan dan pikiran yang menganggu.

Untuk memperoleh kecerahan pikiran, akuilah emosi diri sendiri. Kenali emosi yang Anda alami, terima segala bentuk kenyataan, lalu mempertimbangkannya. Apakah Anda perlu membiarkan emosi itu mengendalikan diri Anda atau tidak (?).

Seimbangkan emosi dengan logika

Anda tentu pernah mengalami suatu pilihan dalam hidup. Pilihan tersebut menuntut Anda untuk berpikir keras dan atau bahkan kadang sampai memunculkan emosi. Ada baiknya, Anda perlu menyeimbangkan emosi dan logika lebih dulu. Buatlah ‘semacam’ daftar pro dan kontra terhadap pilihat tersebut, sehingga mampu menuntun Anda pada pilihan yang tepat.

Latihan bersyukur

Bersyukur itu memang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Apalagi sampai membiasakan diri bersyukur tiap hati, belum tentu kita bisa. Meski demikian, kita perlu mencoba sifat yang satu ini.

Menurut banyak penelitian, bersyukur memiliki banyak manfaat bagi fisik dan psikologi. Salah satunya untuk kebaikan mental sehingga membuat Anda lebih bahagia. Mungkin Anda bisa melatih diri dengan menemukan hal-hal baik dalam hidup Anda dengan menuliskannya. Atau cara yang paling ampuh itu dengan berucap kalimat hamdalah dan berbuat sesuatu terhadap orang lain, membantu atau menolong, misalnya.

Ilustrasi bersyukur @greensoul
Ilustrasi bersyukur @greensoul

Nice! Itulah kelima hal yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan. Buatlah diri Anda bahagia dengan membuka diri dengan keadaan sendiri dan selalu bersyukur apa yang telah Anda capai. Kalau bukan diri sendiri yang mulai, siapa lagi? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.