Jangan Banyak Tingkah dan Sok Berani di Dunia Maya, Netizen!
Ilustrasi kejahatan di dunia maya @Daily Pakistan

MALANGTODAY.NET – Kehidupan di dunia maya berbeda halnya dengan di dunia nyata. Di dunia nyata, kita terikat oleh nilai dan norma yang berlaku berdasarkan tempat dan waktu tertentu. Kehidupan di dunia nyata tidak bisa membuat kita berlaku seenaknya sendiri. Kedua hal tersebut yang membentuk mencerminkan identitas dan budaya masyarakat.

Lain halnya dengan dunia nyata, di dunia maya nilai dan norma yang berlaku seolah menguar begitu saja. Banyak hal yang dilakukan oleh netizen istilah masyarakat dunia maya tidak pantas dan tidak sesuai dengan kebudayaan yang selama ini sudah mengakar menjadi identitas. Perlu penerapan panduan dan regulasi yang menyeluruh agar netizen tidak serta merta berlaku seenaknya di dunia maya.

Baca Juga: Iqbaal Ramadhan Unggah Foto Cumbui Kekasih di IG, Netizen Cewek Patah Hati

Jika tidak dilakukan dengan tepat, beberapa kasus di bawah ini mungkin bisa dijadikan pelajaran bagi netizen lain untuk bersikap lebih baik di dunia maya.

Foto Bugil Prilly Latuconsina
Foto Bugil Prilly Latuconsina
Kasus rekayasa foto bugil Prilly Latuconsina @KapanLagi

Aktris muda yang tenar lewat sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini pada pertengahan 2015 lalu jadi korban tangan jahil netizen. Pasalnya, Prilly menemukan foto telanjang yang wajahnya direkayasa menjadi dirinya. Tak cukup sampai di situ, haters Prilly ini menyebut bahwa aktris muda tersebut sudah tak lagi perawan.

Kejadian ini sontak menimbulkan amarah dari pihak keluarga Prilly. Mereka mengaku tak akan setengah-setengah dalam mengusut kasus ini. Mereka pun meminta pelaku agar dihukum sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Keseriusan Prilly untuk mengusut kasus ini karena ia menilai haters-nya sudah kelewat batas dan menyebarluaskan fitnah yang keji.

Baca Juga: Netizen Muslim Indonesia Kebakaran Jenggot Karena Mesut Ozil Unggah Foto Ini

Haters Deddy Corbuzier
Haters Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier saat menemui haters yang menghinanya @Lampung Times

Artis dan presenter kondang Indonesia, Deddy Corbuzier juga pernah mengalami hal serupa. Pada Februari 2016 lalu, ia berhasil menemukan salah satu netizen yang kedapatan mem-bully-nya dengan menyamakan wajahnya dengan alat vital perempuan.

Sontak Deddy segera mengerahkan tim IT-nya untuk mencari yang bersangkutan. Saat berhasil menemukannya sesosok remaja. Remaja tersebut datang ditemani ibunya ke kantor polisi. Ia kemudian membentak remaja itu untuk bersujud di kaki ibunya dengan harapan meminta maaf atas kesalahan yang eprnah diperbuat.

Sebelumnya, Deddy juga berhasil meringkus seseorang bernama Antho asal Jambi karena menghinanya dan Chika Jessica.

Baca Juga: Dasar Netizen Labil! Ini Deretan Challenge Tak Bermanfaat yang Pernah Viral

Foto “Langsing’ Dosen Universitas Brawijaya
Foto "Langsing' Dosen Universitas Brawijaya
Maulina Pia Wulandari, dosen Universitas Brawijaya @Tribun

Dan yang terbaru, ada seorang dosen dari Universitas Brawijaya bernama Maulina Pia Wulandari yang menjadi korban jahil netizen. Ia mengaku tidak terima ulah netizen yang mengedit foto dirinya yang gemuk menjadi kurus.

Pia mengaku alasannya melaporkan kasus ini adalah bentuk edukasi kepada khalayak agar bijak berselancar di dunia maya.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar