Ini Dia Jilbab Pro Hijab Khusus Untuk Para Atlet Muslimah -MalangTODAY.net-
Pro Hijab Untuk Para Atlet Muslimah @MalangTODAY.net/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Nike akan meluncurkan jilbab untuk atlet wanita Muslim awal tahun depan. Nike akan menjadi pelopor desainer pakaian olahraga yang menawarkan jilbab Islam tradisional, yang dirancang khusus untuk kompetisi, seperti yang disampaikan pihak perusahaan Rabu (8/3/2017).

Dilansir dari Reuters, desain jilbab tersebut dinamai “Pro Hijab” dan dirancang untuk memungkinkan atlet tetap bisa mempertahankan identitasnya sebagai seorang muslimah, tanpa harus mengorbankan kinerjanya sebagai seorang atlet.

Desain jilbab “Pro Hijab” terbuat dari, bahan yang fleksibel, ringan, jilbab diharapkan dapat rilis di pasaran pada awal 2018, seperti penyataan Nike.

Foto model atlet Pro Hijab Nike @MalangTODAY.net/Reuters‬

Beberapa tahun terakhir, jilbab telah menjadi simbol yang paling identik dengan budaya Islam di Amerika Serikat dan Eropa. Banyak wanita Muslim menutupi kepala mereka di depan umum dengan jilbab sebagai tanda kerendahan hati, tetapi beberapa kritikus justru melihatnya sebagai simbol penindasan perempuan.

Adanya sensitivitas atas imigrasi dan ancaman ekstremisme Muslim yang begitu tinggi, jilbab menjadi alasan serangan terhadap perempuan Muslim.

Nike menyatakan bahwasanya, para atlet Muslim yang mengunjungi markas perusahaan tersebut di Beaverton, Oregon, di luar dari Portland, mengeluhkan tentang kesulitan mengenakan jilbab saat berlaga.

Perusahaan pun akhirnya berkonsultasi dengan atlet perempuan Muslim dari seluruh dunia, termasuk pelari Timur Tengah dan pengendara sepeda, untuk merancang sebuah desain  jilbab.

‪Salah satu atlet angkat besi yang berkonsultasi dengan Nike terkait “Pro Hijab”, Amna Al Haddad mengatakan bahwa, “(Ini akan) mendorong generasi baru untuk berolahraga tanpa merasa ada pembatasan karena kesopanan atau dress-code.” ‬

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here