Ini 3 Kelompok Penikmat Kopi Menurut Ilmu Sains, Kamu Masuk Nomer Berapa?
Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Beberapa waktu lalu, kelompok ilmuan melakukan penelitian terkait penikmat kopi dalam padangan ilmu sains. Dalam laporan hasil penelitian tersebut membagi tiga penikmat kopi menjadi tiga kelompok.

Pembagian ini berdasarkan sensitivitas seseorang terhadap kafein yang terkandung dalam minuman kopi. Temuan ini juga menjelaskan bagaimana tubuh penikmat kopi terhadap memetabolisme kafein dalam dirinya.

Baca Juga: Ini 7 Alat Pembayaran Gak Masuk Akal di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

Para peneliti menjelaskan jika setidaknya ada dua faktor genetik yang mendasari respons penikmat kopi terhadap kafein. Faktor pertama adalah cepat lambatnya hati dalam memetabolisme kafein. Dan faktor kedua apakah penikmat kopi tersebut membawa varian genetik yang membuat sistem sarag lebih sensitif terhadap efek kafein.

Dilangsir dari halaman healht.detik.com, Minggu (10/06) berdasarkan dua faktor diatas maka, Dr JW Langer yang melakukan penelitian tersebut membagi setidaknya ada tiga kelompok penikmat kopi jika dipandang dalam ilmu sains. Kira-kira kamu masuk kelompok nomer berapa ya guys?.

  1. Penikmat kopi dengan sensitivitas yang tinggi
Ilustrasi (Istimewa)

Kelompok pertama ini ditandai dengan melambatnya sistem metabolisme dalam tubuh, serta bertambah kuatnya sistem saraf pusat setelah kafein masuk dalam tubuhnya.

Seberapa pun kadar kafein, baik sedikit maupun banyak orang-orang yang masuk dalam kelompok ini akan mengalami masalah susah tidur. Karakter pertama ini ditemukan pada sebagian kecil saja dari penikmat kopi.

  1. Penikmat kopi dengan sensitivitas menengah
Ilustrasi (Istimewa)

Dalam kelompk kedua ini, inaktivasi kafein dalam hati serta sistem saraf bisa dibilang seimbang.

Baca Juga: Beginilah 3 Fenomena Alam Saat Turunnya Malam Lailatul Qadar

Maksudnya adalah pecinta kopi dalam kelompok kedua ini akan baik-baik saja alias tidak mengalami gangguan susah tidur meskipun meminum kopi sebanyak 2 hingga 5 cangkir dalam sehari

Catatan para penikmat kopi dalam kriteria ini tidak disarankan untuk meminum kopi di malam hari.

  1. Penikmat kopi dengan sensitivitas rendah
Ilustrasi (Istimewa)

Baca Juga: 7 Tas Ibu Negara Ini Harganya Selangit! Lihat Punya Iriana Jokowi

Menurut Dr JW Langer kelompok ini memiliki metabolisme kafein yang tinggi. Mereka penikmat kopi dalam kriteria ketiga tersebut tidak akan mengalami gangguan apapun seperti susah tidur meskipun meminum kopi sebanyak yang mereka mau.

Hal itu berlaku baik di siang hari maupun malam hari dan tidak menjadi masalah buat mereka. Namun yang harus tetap diperhatikan adalah jumlah kopi yang diminum agar tidak berlebihan.


Penulis  : Endra Kurniawan
Editor    : Endra Kurniawan

Loading...