Hobby Selfie, Pertanda Seseorang Psikopat?
Ilustrasi seseorang foto selfie @malangtoday/istimewa

MALANGTODAY.NET – Di era digitalisasi seperti sekarang, selfie memang tidak bisa dipungkiri hampir selalu dilakukan oleh banyak orang. Tapi tahu nggak sih guys, ternyata kebiasaan ini memberi dampak negatif dan tidak baik loh jika dilakukan terus menerus. Karena ada penelitian yang menyebutkan, kebiasaan ini akan memunculkan berbagai gejala buruk, salah satunya psikopat.

Dilansir dari Liputan6.com, seseorang yang sering selfie cenderung anti sosial dan tjdak mrmiliki rasa empati. Menariknya lagi, dalam penelitian tersebut dikatakan, bahwa kecenderungan memposting foto selfie kebanyakan dilakukan oleh pria yang aktif di media sosial.

Sifat anti sosial dan kurangnya rasa empati inilah yang masuk dalam kategori psikopat. Meskipun memang bukan mengarah pada tindakan sadis seperti membunuh, tapi dampak kecanduan foto selfie ini cukup memberi dampak yang tidak baik loh.

“Banyak pria yang posting foto selfie dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengedit hasil fotonya agar terlihat lebih narsis,” kata Asisten Profesor Komunikasi yang juga termasuk ke dalam tim inti penelitian, Jesse Fox seperti dikutip dari Liputan6.com.

Namun pria yang cenderung langsung memposting foto tanpa melakukan editing dianggap lebih psikopat dibanding mereka yang mengeditnya terlebih dulu. Sebab psikopat itu menurutnya ditandai dengan karakteristik impulsif, yang cenderung mengambil foto dan menempatkannya secepat mungkin secara online.

“Mereka ingin melihat dirinya sendiri tanpa menghabiskan waktu untuk mengubah fotonya,” tambah Fox.

Tak hanya itu, penelitian yang melibatkan 800 responden itu juga menyebutkan bahwa kecanduan selfie akan menyebabkan permasalahan lebih lanjut. Sehingga para peneliti menyarankan agar para pecandu foto ini mengobatinya sebelum berdampak lebih buruk.

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here