Membawa Dampak Positif, BI Dukung Perkembangan Online Shop
Ilustrasi belanja di online shop (Istimewa)

MALANGTODAY.NETAs we know, sebentar lagi ada yang namanya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di tanggal 12 Desember 2017. Sebelum belanja, perhatiin dulu keamanan saat berbelanja ya!

Aksi kejahatan nggak melulu ada di dunia nyata, di dunia virtual juga banyak macemnya. Apalagi kalau kamu nggak waspada saat melakukan transaksi online. Sering banget nih, kita tergiur sama diskon besar dan iming-iming lainnya dan nggak memperhatikan keselamatan kita.

Dilansir dari cnnindonesia.com, ketua Harbolnas 2017, Achmad Alkatiri mengatakan bahwa pihaknya tahun ini akan menanggulangi kejadian gimmick berlebihan yang menjebak pembeli dengan stand by untuk keluhan pelanggan. Agar keluhan tersebut bisa cepat diatasi.

“Kami memiliki perhatian sendiri terhadap sentimen negatif yang Harbolnas terima tiap tahunnya. Tahun ini, kami berkomitmen untuk melawan sentimen tersebut,” tegasnya.

Fitur pusat keluhan pelanggan yang bisa diakses melalui laman www.harbolnas.com, menurutnya akan memberikan efek jera kepada seller yang ingin melakukan tindak penipuan. Karena sekalinya melakukan tindak tersebut, maka toko mereka akan di blacklist.

“Sentimen negatif seperti barang palsu atau diskon palsu adalah salah satu aspek yang kami perhatikan dalam Harbolnas tahun ini. Bagi e-commerce yang terkena blacklist, hal ini tentu berpengaruh buruk bagi citra perusahaan,” tambahnya lagi.

Selain layanan keluhan pelanggan yang ada di laman resmi Harbolnas, kamu juga harus memperhatikan beberapa aspek untuk menghindari bentuk kejahatan lain nih!

  1. Saat berbelanja, gunakan koneksi internet dari kartu SIM handphone kamu. Jangan menggunakan koneksi wireless atau WiFi, karena hal ini akan membuka peluang cyber crime.
  2. Belanja lah di seller yang sudah terpercaya dan mendapat rating tinggi dari situs belanja online.
  3. Jangan tergoda dengan diskon besar! Relakan dirimu untuk membayar barang dengan diskon kecil dari seller terpercaya, daripada sebaliknya.
  4. Jangan pernah mengirimkan nomor kartu, PIN dan informasi pribadi kepada siapapun melalui email. Biasanya kalau ada yang minta seperti itu, bisa jadi ada pelaku cyber crime yang mau membobol akun kamu.
  5. Lakukanlah pembayaran kepada pihak terpercaya. Jangan mengirimkan sejumlah uang total belanja kamu ke rekening tak dikenal.

Udah tau kan tips and trick nya biar nggak kena tipu-tipu? Inget, jangan sampe kantong kamu jebol ya, gara-gara belanja di Hari Belanja Online Nasional 2017!

Loading...