Hari Lingkungan Hidup @ MalangTODAY

MALANGTODAY.NET Kamis (9/1/2019), Indonesia menyambut hari lingkungan hidup. Hari di mana masyarakat Indonesia diharapkan mengingat alam disekitarnya. Mengapa perlu mengingat alam? Alasannya tidak lain karena alam perlu untuk kita perhatikan.

Lingkungan yang kita tinggali ini mengalami perubahan yang sangat derastis. Terlihat dari banyaknya bencana yang beberapa waktu belakangan sering terjadi. Tak heran jika kita harus menjaganya.

Saat ini saja kondisi alam sudah sedemikian mengerikan. Apa jadinya kondisi Bumi kita beberapa tahun kedepan? Melansir dari laman Business Insider, MalangTODAY mengajak kamu di hari lingkungan hidup ini untuk membayangkan kondisi Bumi 500 tahun lagi.

Sudah siap untuk membayangkannya?

Baca Juga  Sejarah Hari Ini: Bagaimanapun Inggris Pernah Icip Rasanya Juara Piala Dunia

1. Mulai tahun 2100, suhu rata-rata global naik 2 derajat celcius. Sebagian Afrika, Amerika Selatan, dan India harus berjibaku dengan suhu 43 derajat di musim panas. Suhu yang bisa membunuh ribuan orang tiap tahun karena tak kuat menahan panasnya cuaca.

Ilustrasi kebakaran hutan @ hazlitt
Ilustrasi kebakaran hutan @ hazlitt

2. Suhu samudera juga menghangat dan air laut menjadi lebih asam. Terumbu karang bagi anak cucu kita daat itu adalah mitos.

Kondisi perairan samudera @ Geographical Magazine
Kondisi perairan samudera @ Geographical Magazine

3. Sumber-sumber air di Asia tak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kekeringan yang parah, hilangnya sumber air yang stabil, dan populasi manusia yang terus tumbuh tak terkendali merupakan penyebabnya.

Ilustrasi seseorang kekureangan air @ thinglink
Ilustrasi seseorang kekurangan air @ thinglink

4. Di abad ke-22, populasi manusia mencapai 9,5 miliar orang. Kurangnya persediaan makanan, air, dan energi memicu berbagai konflik baru yang meluas di seluruh dunia.

Ilustrasi keriuhan manusia @ gigmit
Ilustrasi keriuhan manusia @ gigmit

5. Saking penuhnya, tahun 2050 mendatang manusia akan beralih tinggal ke planet Mars. Namun badai matahari terbesar menghantam Bumi dan Mars tak terhindarkan. Akibatkan aliran listrik akan padam, dan saat manusia berhasil mengatasinya bertahun kemudian, koloni manusia di Mars sudah musnah sepenuhnya.

Ilustrasi sekelompok manusia yang tinggal di Mars (Istimewa)
Ilustrasi sekelompok manusia yang tinggal di Mars (Istimewa)

6. Demikian pula yang terjadi dengan hewan. Pada abad ke-23, Bumi akan kehilangan 1.000 species amfibi seperti katak, kadal air, salamander dan banyak lagi. Tak ketinggalan, ribuan spesies burung, mamalia, dan serangga juga terhapus dari muka Bumi.

Ilustrasi kehidupan hewan di alam bebas @ Llama Travel7. Antara tahun 2200 dan 2300, bumi menderita sangat hebat. Lapisan es abadi di Greenland runtuh dan mencair, menyebabkan kenaikan permukaan laut 6 meter.

Ilustrasi es mencair di Greendland @ Carbon Brief
Ilustrasi es mencair di Greendland @ Carbon Brief

8. Kawasan Timur Tengah menjadi tempat yang tak lagi bisa ditinggali. Afrika dan Amerika Selatan yang dulunya kawasan subur, kehilangan 1/5 kawasan suburnya. Pertanian berpindah ke AS, Tiongkok, Rusia, yang masih masih punya tanah yang bisa ditanami.

Ilustrasi kekeringan (Istimewa)
Ilustrasi kekeringan (Istimewa)

Baca Juga  Ini 4 Film Sangar Garapan Sutradara ‘Gila’ Hollywood, Steven Spielberg!

9. Pada akhir abad ke-25, lapisan es di kutub utara bagian barat runtuh setelah bertahun-tahun mencair perlahan. Permukaan laut kembali naik, kali ini bertambah 9 meter.

Ilustrasi permukaan air laut naik (Istimewa)
Ilustrasi permukaan air laut naik (Istimewa)

Kemudian masih banyak lagi bencana global yang datang. Efek dari emisi yang tidak dimitigasi akan berlanjut jauh melampaui 2516. Intinya, tanpa perlu mengetahui masa depan, mau tidak mau manusia memang harus menjaga alam.

Semua demi kebaikan manusia dan alam itu sendiri. Selamat Hari Lingkungan Hidup!


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.