MALANGTODAY. NET – Sebagian dari kita tentu pernah mengalami garis putih pada kuku. Uniknya, semasa masih sekolah garis itu selalu diartikan ada seseorang yang sedang naksir. Lantas, bagaimana ya menurut dunia kesehatan? Itu mitos atau fakta ya?

Dilansir MalangTODAY.net dari HelloSehat, garis putih pada kuku ternyata menunjukkan bahwa kuku kita sedang cidera. Meskipun tak tergolong bahaya, tapi kondisi ini masuk dalam keadaan serius.

Garis putih yang biasa disebut Leukonychia itu kebanyakan muncul pada kuku tangan. Karena pertumbuhan kuku tergolong lambat, maka luka pada kuku biasanya terjadi berminggu-minggu sebelum garis putih tersebut muncul. Tapi apabila Anda lupa apa yang menyebabkan kuku trauma, maka tidak perlu khawatir.

Selain itu, garis putih itu juga bisa menandakan adanya infeksi ringan pada kuku karena alergi loh guys, ataupun merupakan efek samping dari pengobatan tertentu. Jika garis tersebut hanya muncul pada satu atau dua kuku saja, maka tak ada yang perlu ditakutkan.

Namun apabila si putih itu muncul di hampir semua kuku, maka ini perlu diwaspadai. Bisa saja terjadi sesuatu yang serius pada tubuh kamu guys. Seperti penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes.

Dalam dunia medis, garis putih pada kuku ternyata memiliki aneka macam yang berbeda. Pertama, dinamakan Leukonychia totalis, yang terjadi apabila garis putih muncul di seluruh bagian kuku. Ini menandakan tubuh kurang albumin, sebagai tanda atau gejala gagal ginjal, gagal lover atau kesulitan menyerap protein dari makanan.

Kemudian ke dua dinamakan Leukonychia partialis. Di mana kondisi ini garis putih muncul di bagian lempeng kuku atau nail plate. Biasanya akan terlihat titik-titik putih yang menandakan kondisi medis tertentu dan perlu mendapatkan perhatian medis.

Selanjutnya ada Leukonychia striata yanh terjadi apabila garis putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku. Biasanya hal ini menandakan kekurangan vitamin dan nutrisi pada seseorang. Selain itu juga bisa menandakan adanya gangguan pada jantung, liver dan hati.

Terakhir disebut Leukonychia punctata, yakni leukonychia yang paling sering dijumpai. Garis putih di kuku ini akan muncul di beberapa kuku jari yang disebabkan trauma atau cidera pada kuku dan akan menghilang ketika kuku mengalami regenerasi.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here