Jokowi makan bakso dengan Iriana (RRI)
Jokowi makan bakso dengan Iriana (RRI)

MALANGTODAY.NET – Kepada Cak Lontong, Jokowi mengungkapkan jalinan kisah percintaannya bersama istri, Iriana Jokowi semasa pendekatan. Presiden RI ke-7 ini mengaku mendekati Iriana dengan cara mengajak bersepeda dan makan bakso.

Bapak tiga anak ini mengungkapkan alasan memilih bakso karena harganya murah dan porsinya pas. Dibandingkan makanan lain, porsi semangkok bakso tidak terlalu mengenyangkan dan cukup untuk mengisi perut.

“Bakso ini yang pertama pas (porsinya) dan murah. Coba kalau misalnya saya ajak makan nasi tumpeng, Bu Jokowi kekenyangan,” ujar Jokowi sambil tertawa dalam video yang ditayangkan di Facebook resmi Jokowi (10/3/2019).

Selain porsi yang pas dan harga murah, ada satu alasan lain yang cukup kuat yakni tentang filosofi bakso. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa bentuk bulat bakso mengandung makna kebulatan tekad untuk membangun rumah tangga yang bahagia dan langgeng.

“Bakso itu bulat, tekad bulat kita berdua untuk membangun rumah tangga yang bahagia menjadi satu terus,” ungkap Jokowi.

Dengan suasana bercanda ala Cak Lontong, Jokowi rupanya juga terbawa suasana. Ia menyatakan ia tetap suka dengan makanan-makanan khas Indonesia seperti soto. Namun, Jokowi memiliki syarat khusus untuk hal tersebut.

“Saya semua makanan khas Indonesia seneng semuanya. Soto ayam suka, soto daging suka, ikan bakar suka. Tapi paling penting ada perlakuan khusus dulu,” kata kakek Jan Ethes ini.

Akibat pancingan kalimat ini, Cak Lontong dibuat penasaran oleh Jokowi. Pelawak kelahiran Magetan ini kemudian menanyakan apa perlakuan khusus tersebut kepada Jokowi. Merasa umpannya ditangkap baik, Jokowi pun menjawab dengan nada guyon.

“Yang paling penting harus dimasak dulu. Emang mau makan daging mentah, ikan mentah. Masa mentahan-mentahan mau dimakan,” jawab Jokowi.

Mendengar jawaban tersebut, Cak Lontong tidak mau kalah untuk balik menimpali. Alumni ITS ini menjawab bahwa dirinyapun sudah pensiun menjadi kucing yang suka makanan mentah. “Maaf pak saya sudah pensiun jadi kucing,” timpal Cak Lontong. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.