Sumpit @tribun
Sumpit @tribun

MALANGTODAY.NETSumpit sangat identik dengan masakan China. Sumpit juga merupakan salah satu alat makan yang paling menonjol di daerah Asia Timur. Tak kalah, di Indonesia sudah banyak restoran ala Asia Timur yang menggunakan sumpit. Sumpit-sumpit yang ada di pasaran banyak sekali jenisnya. Berikut ada ulasan enam jenis sumpit yang dilansir dari Pandabambu:

1.       Sumpit yang bisa dipakai berulang

Reusable Chopstick Japanese Style
Reusable Chopstick Japanese Style

Sumpit ini muncul atas dasar kepedulian terhadap lingkungan. Bahan pembuatannya berasal dari bambu atau olahan kayu. Ada juga yang beberapanya terbuat dari perak, alumunium, dan porselen. Perawatannya yang mudah dan tahan lama membuat sumpit ini cocok untuk kebutuhan rumah tangga.

2.       Sumpit bambu

Sumpit Bambu@amazon
Sumpit Bambu @amazon

Bambu adalah bahan yang paling tepat dan terjangkau untuk membuat sumpit. Jenis sumpit bambu juga ramah lingkungan dan bebas dari toksik atau pestisida. Sumpit ini hanyalah sekali pakai. Populernya yaitu di restoran ala Asia Timur atau makanan take-away.

3.       Sumpit kayu

Sumpit Kayu Pinterest
Sumpit Kayu @Pinterest

Sumpit kayu terbuat dari kayu yang dipanaskan dalam temperature rendah. Pegangan sumpit ini pun mudah untuk mengaduk makanan yang cair maupun padat. Yang perlu diperhatikan saat membeli atau memakai sumpit ini yaitu warna sumpitnya. Pastikan warna sumpit adalah warna asli kayu dan tidak dicat dengan warna buatan.

4.       Sumpit plastik

Sumpit Plastik Design Memorabilia
Sumpit Plastik Design Memorabilia

Harganya yang ekonomis membuat masyarakat banyak yang membelinya. Namun, sumpit ini hanya cocok untuk ala makan yang suhu makanannya rendah. Sebab, kalau digunakan untuk makanan bersuhu tinggi, plasik mudah meleleh dan berubah bentuk. Disamping itu juga bisa menghasilkan senyawa beracun yang berbahaya bagi tubuh. Dibandingkan kayu atau bambu, saat menggunakan sumpit plastik terasa lebih licin.

5.       Sumpit warna-warni

Sumpit Warna Warni Pinterest
Sumpit Warna Warni @Pinterest

Desain warna yang eye-catching pada sumpit ini membuat tampilannya makin cantik. Harapannya banyak orang yang membeli. Akan tetapi penggunaan sumpit jenis ini tidak dianjurkan. Sebab, dikhawatirkan mengandung unsur racun oleh pewarna.

6.       Sumpit perak

Sumpit Perak The Online Gifts Company
Sumpit Perak @The Online Gifts Company

Dari tampilannya, sumpit ini terkesan mewah. Oleh karena itu sumpit ini biasanya dipilih untuk memamerkan kemewahan. Pada zaman kuno, sumpit ini menjadi indikator bahaya. Sebab, perak akan berubah warna menjadi hitam saat menjalin kontak dengan racun. Wah, tindakan pencegahan yang keren ya.

Loading...